Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Untuk Menulis Artikel
Photo by Pixabay from Pexels

Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Untuk Menulis Artikel

Posted on

Kebiasaan ini akan dialami oleh hampir semua blogger jadi soal ini wajar karena kita melakukan hal yang sama dalam waktu yang singkat, apalagi teman-teman yang melakukan update artikel setiap hari pastinya ide yang sudah disiapkan akan segera habis akhirnya kehabisan ide untuk menulis artikel.

Karena ini persoalan wajar maka teman-teman blogger juga menuliskan tips ini agar pembaca yang sedang mengalami masa-masa ini menemukan jawabannya, ide untuk membuat tulisan sebenarnya bisa datang dari mana saja, seperti buku, gambar, video, obrolan, dan hal lain yang sekiranya terkait dengan niche blog anda.

Sulitnya menyusun kata yang membuat ide anda tidak tercurahkan dengan baik, hal ini terjadi ketika ide yang akan ditulis bukan yang anda kuasai maka hasilnya anda akan kerepotan sendiri padahal idenya bagus.

Itulah pentingnya sebuah tema atau niche dalam sebuah blog bukan karena alasan seo saja melainkan kepentingan seperti memudahkan anda mengulas ide yang didapat.

Memilih ide tulisan harus yang sejalan dengan kemampuan anda jika menemukan diluar itu, berarti anda membutuhkan riset yang lebih mendalam agar anda mampu menterjemahkan ide tersebut.

Tips Agar Tidak Kehabisan Ide untuk Menulis Artikel Blog

Sebelum ke poin apa saja yang harus kita lakukan, wajib anda ketahui dulu kemampuan anda dalam bidang apa, ketika mendapatkan ide yang sejalan dengan kemampuan maka artikel bagus akan lahir. Berikut ini poin-poin yang bisa anda pelajari untuk memulai tips ini.

1. Mulai Banyak Membaca

Saya yakin cara ini sudah bosan and baca, tetapi cara ini terkenal ampuh untuk mengasah kemampuan menjadi lebih luas lagi pengetahuan soal apa pun. Membaca apa saja yang anda sukai yang masih ada kaitanya dengan tema blog anda tentunya, jika blog anda banyak membahas soal sayuran maka carilah bacaan yang masih berhubungan soal sayuran.

Sumbernya bisa bebas dari baca buku, internet, ebook, dan lainnya. Dengan harapan anda mendapatkan inspirasi memecahkan ide anda supaya menjadi tulisan yang menarik dan memberikan jawaban bagi orang yang membutuhkan.

2. Jangan Terlalu Ingin Sempurna

Poin kedua ini memang sangat bertentangan dengan apa yang kita inginkan seperti menulis artikel dengan bagus rapih dan bermanfaat. Ada juga yang bilang jangan asal publish jika artikel yang dibuat tidak ada isinya, saya pribadi boleh saja menulis artikel yang ringan-ringan yang dijadikan sebuah selingan disaat kesulitan memecahkan ide yang bagus.

Jangan ingin selalu terlihat sempurna dalam menulis artikel, tulis saja apa yang ada didalam pikiran kita saat itu, namun yang harus kita ingat tetap menyesuaikan dengan tema blog yang kita bangun. Hal ini bertujuan supaya tulisan anda tetap relevan dengan topik blog.

3. Memanfaatkan Media Sosial yang Kita Miliki

Di media sosial banyak yang bisa kita temui hal-hal baru, bisa juga mencari berbagai pertanyaan yang sengaja di posting di group-group dari sana ide bisa anda kembangkan menjadi sebuah artikel jawaban.

Dengan cara ini anda tidak mudah kehabisan ide untuk menulis artikel blog, tinggal belajar mengembangkannya saja.

Kesimpulan

Permasalahan ini bukan hanya anda saja, karena banyak blogger yang belum terbiasa dengan cara-cara diatas yang menjadikan kehabisan ide untuk menulis artikel. Bila cara tersebut anda lakukan dengan rutin maka selanjutnya akan menjadi lebih mudah mengembangkan dan menemukan ide tulisan.

Baca juga; Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Blogger Pemula

Tips SEO untuk Ide Judul

Ide penting SEO juga penting agar artikel yang dibuat mudah untuk ditemukan di mesin pencari. Sebagai contohnya begini anda menemukan sebuah ide tulisan dengan judul “Cara membuat artikel mudah untuk blogger pemula” maka judul tersebut coba anda cari di mesin pencari ada berapa banyak persaingan dengan pembahasan yang sama.

Ketika anda menemukan persaingan yang tinggi maka lakukan perubahan judul dengan menambahkan satu kata atau mengurangi, sampai menemukan berapa jumlah persaingan yang paling sedikit, bertujuan pengoptimalan SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *