Mengenal dan Cara Mengikuti JOTA JOTI

Mengenal dan Cara Mengikuti JOTA JOTI

Posted on

Bulan Oktober ada event besar yang dilakukan oleh seluruh Pramuka seluruh dunia, yaitu Jota Joti, JOTA memiliki kepanjangan dari Jamboree On The Air sedangkan JOTI singkatan dari Jamboree On The Internet. Kegiatan Jota yang dilakukan dengan berkomunikasi melalui radio atau udara sedangkan Joti kegiatan berkomunikasi melalui Internet.

Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun, kegiatan ini bisa dibilang besar karena dilakukan oleh pramuka seluruh dunia. Berikut ini penjelasan JOTA JOTI

Kegiatan JOTA:

Kegiatan yang ada didalam Jamboree On The Air, sesuai dengan namanya secara teknis kegiatan Jota dilakukan menggunakan radio komunikasi amatir baik dengan mode CW maupun mode Phone, sedangkan Band yang digunakan biasanya di 40 Meter Band ada juga yang menggunakan Band 80 Meter band.

Dalam kegiatan tersebut, semua operator radio amatir seluruh dunia ikut berpatisipasi dengan anggota Pramuka yang sedang melakukan kegiatan, untuk mengajarkan ke mereka tentang radio dan membantu anggota pramuka menghubungi anggota yang lain di berbagai wilayah dan negara, dengan menggunakan radio.

Kegiatan JOTI:

Kegiatan yang berada di Joti adalah kegiatan anggota pramuka yang menjalin komunikasi dengan anggota seluruh dunia menggunakan internet, tentu cara ini menggunakan komputer, koneksi internet, dan software yang digunakan.

Syarat untuk menjadi peserta JOTA JOTI

Syarat yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan ini sebenarnya tidak susah berikut ini persyaratannya;

– WNI baik anggota Pramuka dan Umum
– Mendaftarkan diri di Kwartir Panitia penyelengara
– Membawa alat yang dibutuhkan seperti laptop dan alat tulis
– Membayar biaya sesuai yang ditentukan, karena setiap Kwartir berbeda-beda.

Baca juga: Melirik 7 Perbedaan Sistem Pendidikan Negara Jepang dengan Indonesia

Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap tahun pada bulan oktober di tanggal 19,20,21 buat yang ingin mengikuti kegiatan ini catat ya agar tidak terlewatkan kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *