Begini Cara Menampilkan Blog di Google Pemula Harus Belajar

Begini Cara Menampilkan Blog di Google Pemula Harus Belajar

Posted on

Dalam sebuah blog maupun website bisnis akan sangat memerlukan mesin pencari seperti milik google, karenanya blog kita akan dikunjungi oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi apa pun bila kebetulan yang dicari oleh orang-orang tersebut relevan dengan artikel yang kita buat maka google sebagai mesin pencari akan menampilkan blog kita sebagai hasil yang paling relevan.

Dengan sistem kerja seperti ini tentunya tidak membuat pelaku bisnis online akan tinggal diam, banyak cara yang dilakukan dari menggunakan teknik yang disukai oleh mesin pencari itu sendiri sampai dengan cara yang paling tidak disukai oleh google pencari.

Dengan kejadian seperti ini membuat google juga tidak tinggal diam untuk terus memperbaiki hasil pencariannya, dengan cara update algoritma agar hasil pencarian lebih baik dan relevan. Jika tidak begitu maka google search engine akan ditinggalkan oleh penggunanya karena hasilnya tidak sesuai, yang pada akhirnya pemasukan google akan berkurang hingga menjadi hilang.

Google Menyukai Konten Yang Seperti apa?

Google pencarian sendiri bisa dibilang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah blog, karena bila blog anda selalu nangkring dihasil pencarian google peringkat pertama maka anda sebagai pemilik akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Terlebih jika kita adalah seorang pelaku bisnis online dengan menjual berbagai produk, maka hal ini sangat dibutuhkan dan patut dipelajari.

Terkait dengan konten yang disukai google, tentu yang bersifat unik dan orisinil tidak menggunakan hal lain seperti mengedit artikel orang lain agar terlihat unik. Membuat sebuah artikel yang banyak dicari oleh orang dengan kata lain artikel yang isinya dibutuhkan banyak orang, dan tidak melanggar kebijakan google.

Membuat artikel dengan jumlah suku kata yang banyak, paling rendah adalah 300 kata pada setiap artikel yang dibuat, sukur kalau mampu ya bisa lebih dari itu cara ini juga diyakini dapat membatu blog anda mudah ditemukan di mesin pencari, dengan artikel yang panjang maka penjelasan yang anda uraikan akan lebih komplit lagi.

Cara Menampilkan Blog di Google

Artikel ini menjelaskan cara menampilkan blog di google secara organik atau alami tidak menggunakan metode lain seperti iklan hasil pencarian google misalnya.

1. Terapkan Backlink

Link building yang kita terapkan pada blog, yang biasa kita gunakan untuk membawa pengunjung datang kehalaman lain untuk membacanya, dengan banyaknya link yang mengarah ke halaman blog anda maka google akan menilai blog tersebut adalah penting, tidak secara langsung backlink adalah sebuah sinyal yang menggundang robot penelusur google untuk memberikan nilai seperti voting saja, semakin banyak yang memberikan backlink ke blog kita maka semakin tinggi juga peringkat yang akan kita dapatkan.

Tentunya dalam hal ini bukan sekedar mendapatkan backlink, artinya blog mana dulu yang memberikan sebuah link kepada anda, karena ukurannya pasti akan berbeda-beda jika anda mendapatkan backlink dari situs atau blog besar maka potensi anda mendapatkan ranking lebih besar.

Cara yang paling baik untuk mendapatkan sebuah backlink adalah dengan membuat artikel atau konten yang bermanfaat, jelas, orginal, dan unik tentunya. Kemudian anda diharuskan konsisten untuk upload konten terbaru karena hitungan minimalnya dalam satu minggu dianjurkan ada dua artikel yang anda upload.

Dengan cara ini mampu mendorong blog akan ditampilkan dari hasil pencarian yang relevan.

2. Mengirimkan Sitemap ke Google Webmastertools

Banyak pemula yang belum memahami betapa pentingnya mengirimkan Rich Site Summary (RSS), kenapa hal ini penting? Tentu karena blog akan menerima setiap RSS mengirimkan berita terbaru untuk di Indeks oleh google dan dimasukan dalam databasenya, jika kita tidak melakukan ini maka google tidak mengetahui ada artikel terbaru.

Apa google hanya mengindeks blog yang sudah mengirimkan RSS?

Pada dasarnya google akan mengindeks seluruh konten yang ada di internet dengan catatan hanya halaman dan dokumen yang diperbolehkan saja, karena kita juga yang menentukan boleh di indeks atau tidak.

Google akan mengindeks dalam waktu yang tidak diketahui bisa lama bisa juga cepat, dengan mengirimkan sitemap atau RSS pada webmastertool maka google akan lebih tahu mana yang harus segera di indeks.

3. Perlunya Analisa Kompetitor

Sebanyak apa persaingan yang anda hadapi saat ini, karena yang membahas topik yang sama di internet sangatlah banyak dengan kemampuan analisa anda untuk mengetahui dimana anda dapat memenangkan persaingan ini. Memenangkan persaingan yang belum tentu akan menang ini anda perlu melakukan riset lagi yang lebih mendalam untuk mengetahui keinginan pembaca blog anda.

Jika dalam riset anda menemukan sebuah kelemahan yang dimiliki pesaing anda maka dengan cara tersebut kita dapat membuat yang lebih dari itu, misal di sana tidak lengkap dan kaku, maka buatlah artikel anda selengkap mungkin dan lebih lentur lagi penyampaiannya.

4. Memposisikan Anda Menjadi Pembaca

Selayaknya pembaca kita akan betah berlama-lama di blog yang memberikan banyak manfaat ilmu yang kita dapatkan, jadi sebelum mengunggah sebuah konten alangkah baiknya dibaca kembali dengan memposisikan diri anda sebagai pembaca. Apakah artikel anda sudah cukup menjawab pertanyaan yang dicari pembaca, hasil yang baik akan kita terima jika menerapkan cara ini, karena konten yang anda buat menjadi relevan, google akan menampilkan blog di hasil pencarian.

5. Maksimalkan Judul, #TAG, dan Kata Kunci

Faktor yang dibilang penting bagi blog agar mendapatkan ranking baik di google, yang pertama adalah memaksimalkan judul yang anda buat, usahakan membuat judul yang tidak terlalu panjang dan juga pendek, posisikan anda sebagai pengguna internet yang sedang mencari informasi, kira-kira kebanyakan orang mencari apa.

Setelah anda mendapatkan judul yang bagus, selanjutnya memilih kata kunci yang populer dan banyak orang cari juga, atau bisa dengan memilih keyword yang akan bagus dimasa mendatang, misal anda menanam kata kunci yang perkiraan anda akan bagus di tahun depan.

Berbicara kata kunci juga jangan menanam yang berlebihan dalam satu konten jangan sampai google tidak mau menampilkan blog di mesin pencarinya karena kata kunci anda dianggap sebagai spam. Lakukan dengan wajar dan alami saja itu jauh lebih bagus lagi.

Penggunaan #TAG itu penting, karena dengan menggunakannya maka konten anda akan terkelompok dengan baik, memudahkan pengunjung menemukan apa yang ia cari di blog anda.

Ok, saya rasa poin di atas sudah cukup memberikan sebuah informasi yang dapat anda praktekan agar Tips Cara Menampilkan Blog di Google berhasil, menjadikan blog anda mampu bersaing dengan yang lain.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Blogger Pemula

Kesimpulan

Dari sederetan poin diatas adalah bermuara pada kualitas konten yang dibuat oleh anda, ketika anda sudah mengoptimasi blog dengan teknik SEO kemudian anda tetap konsisten memberikan informasi yang relevan, unik, dan original maka cepat atau lambat blog akan naik peringkat dengan sendirinya.

Jika blog tidak terindeks oleh google sampai sekarang, mungkin yang anda lakukan dengan blog tersebut ada yang salah, karena google akan tetap mengindeks setiap konten jika di izinkan robot merambahi blog anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *