Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Blogger Pemula
Image from: momprepares.com

Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Blogger Pemula

Posted on

Membangun sebuah blog memang tidak susah, apalagi zaman sekarang yang menurut saya setiap ilmu bisa kita cari dengan mudah hanya dengan modal internet laptop atau smartphone kita bisa mendapatkannya. Buat anda yang masih bingung apa yang harus dilakukan sebagai blogger pemula tentu artikel ini bisa membatu anda mendapatkan solusi atau paling tidak sebuah gambaran apa yang harus dilakukan pada langkah awal.

Berbicara blog tentunya tidak lepas dari perkara apa tujuan kita untuk membangun sebuah blog, pasti ada tujuannya kan? Yang perlu kita ketahui adalah jutaan blog di Internet sudah banyak tersebar artinya anda sebagai pemula harus menyiapkan dulu mental agar tidak mudah bosan dan menyerah karena blog merasa sepi karena kalah dengan blog-blog yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa hal yang Harus Dilakukan Sebagai Blogger Pemula

Kenapa saya bilang mental jelas karena alasan anda membuat blog tentu dengan tujuan seperti beberapa tujuan ini:

– Blog Berbagi Informasi

Kategori ini saya masukan dalam deretan blog yang tidak mencari profit, maksudnya anda menulis dengan sukarela karena memang itu hobi anda, jenis blog ini jangan terlalu terbebani dengan ramainya persaingan karena berbeda tujuan cukup anda mencurahkan tulisan kemudian publish itu saja sudah cukup karena ini sebatas hobi saja.

– Blog Mencari Profit

Banyak blog yang berjenis ini, karena penulis bukan hanya yang hobi kemudian ingin mendapatkan penghasilan dari blog, melainkan banyak media dan perusahaan yang membangun blog untuk dijadikan ladang mencari uang tentunya. Bila anda masuk dalam kategori blog seperti ini beberapa hal yang wajib anda pelajari adalah ilmu kemampuan bersaing dengan blog-blog lain karena blog yang di monetisasi membutuhkan traffic yang bagus, makanya tidak heran blog jenis ini pemiliknya selalu berlomba untuk mendapatkan ranking atas pada hasil pencarian.

– Blog Afiliasi

Jika anda termasuk orang yang mudah meyakinkan orang dengan tulisan maka blog jenis ini sangat cocok untuk anda bangun, karena akan mendatangkan profit yang tinggi jika anda sudah terbiasa menulis soal promosi barang, produk, atau jasa maka akan semakin mudah mempromosikan produk-produk yang berafiliasi.

– Apa Blog Jualan

Sudah banyak blogger yang sukses dengan memanfaatkan platform blog untuk dijadikan lahan market mereka, dengan menulis sebuah artikel-artikel yang mengandung teknik marketing untuk menjual produk sendiri di blog yang dikelola.

Hal ini bisa dibilang menjadi dobel keuntungan, karena anda bisa mendatangkan uang dari Adsense dan Produk yang ada jual di blog, dengan menggunakan media blog jangkauan pasar akan lebih luas lagi.

Nah, itu yang harus anda pahami dan tentukan dari awal yaitu matangkan dulu tujuan anda apa, agar kedepannya akan membawa blog anda ke arah yang lebih jelas lagi. Tidak hanya itu yang dipikirkan karena masih ada yang harus anda pikirkan yaitu tema atau niche blog karena poin ini juga termasuk yang dapat menghantarkan blog anda akan maju atau tidak.

Kita bisa pilih topik yang cocok dengan kemampuan anda sebagai contoh topik-topik berikut:

– Olahraga
– Kesehatan
– Blogging
– teknologi
– Wisata
– Elektronika
Dll

Sebenarnya masih banyak lagi topik-topik yang bisa anda garap, kemudian jika anda memiliki sebuah team yang solid untuk membangun sebuah blog maka topik gado-gado pun bisa anda coba, karena jika semua itu anda lakukan sendirian maka ada saatnya anda akan kualahan mengisi artikel pada topik yang memang tidak dikuasai.

Sebagai contoh anda seorang yang ahli elektronik, kemudian anda menulis soal keuangan yang memang seluk-beluknya anda sendiri tidak tau maka lambat laun mengisi artikel keuangan akan anda tinggalkan, itulah susahnya membuat blog yang tema atau topiknya gado-gado alangkah baiknya agar tetap fokus pilihlah niche yang sesuai dengan kemampuan anda agar menulisnya lebih menyenangkan dan ringan.

Pilih Platform Untuk Blog

Banyak platform yang bisa anda pilih untuk dijadikan tempat artikel anda untuk pengenalan bisa pilih diantara ini WordPress.org atau Blogger.com, tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saran pilih lah yang anda kuasai agar lebih mudah untuk memanage konten-konten kedepannya.

Pelajari Ilmu SEO (tidak harus)

Untuk beberapa blog tertentu yang tidak memerlukan teknik SEO, pendapat saya bahwa blog yang isinya hanya catatan kegiatan sehari-hari anda tidak perlu anda melakukan optimasi sana sini, karena blog jenis itu tidak begitu perlu memenangkan persaingan dipencarian google.

Tetapi berbeda dengan blog anda yang menginginkan memenangkan persaingan dimesin pencari dengan tujuan agar mendapatkan traffic yang baik (profit) maka teknik SEO sangat penting dipelajari, termasuk menggunakan kata kunci pada setiap artikel yang anda tulis.

Baca juga; Cara Ampuh Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog

Perjelas Blog Anda Untuk Pengunjung

Blog harus memiliki identitas seperti yang banyak profesional blogger lakukan dengan mengisi Menu kontak, tentang blog, daftar isi, privasi dan semua yang berkaitan dengan kejelasan blog kita ini apa.

Artikel ini bisa anda jadikan sebuah gambaran yang dapat membantu langkah anda untuk membangun sebuah blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *