Apa Perbedaan Jaringan Internet Dedicated Dan Up To

Apa Perbedaan Jaringan Internet Dedicated Dan Up To

Posted on

Jaringan internet yang sudah meluas di Indonesia dengan harga yang variatif, dan paket atau layanan internet sendiri itu terbagi menjadi dua jenis jaringan yang bisa kita pilih yaitu jaringan Dedicated dan Up To (Shared).

Tidak hanya perusahaan saja yang membutuhkan koneksi internet saat ini, rumahan atau penggunaan personal pun sudah semakin banyak. Pada artikel ini mari kita bahas kedua jenis layanan iternet dedicated mau pun up to, agar lebih mengetahui lagi soal jenis koneksi internet yang akan kita pasang atau sudah kita gunakan.

Dari kedua jenis layanan internet ini wajib kita ketahui sebagai pengguna agar tidak menjadi masalah ketika jaringan internet yang diharapkan tidak sesuai dengan apa yang diingikan.

Mempunyai koneksi yang cepat dan setabil tentu keinginan semua orang baik perusahaan maupun perorangan, tapi karena kita tidak mengetahui jenis layanan yang kita gunakan itu sudah sesuai peruntukannya atau malah sebaliknya.

Bagi anda yang belum mengetahui dari kedua jenis layanan internet dedicated maupun up to shared, berikut ini penjelasannya.

1. Koneksi Internet Up To (Shared)

Tidak jarang orang yang masih belum memahami jenis koneksi Up To ini, karena pada dasarnya pelanggan yang penting tau mereka berlangganan dengan harga murah dengan kecepatan sekian dan bisa internet.

Untuk lebih jelasnya bahwa jenis internet dengan layanan Up To Shared yang pada umumnya Internet Service Provider banyak menawarkan paket ini, dengan begitu jenis layanan ini paling banyak digunakan oleh pelanggan.

Jenis Internet Up To ini perhitungannya seperti ini, misalkan anda berlangganan dengan kecepatan 5 Mbps, tapi seperti tidak setabil kadang cepat kadang juga lambat. Jelas anda akan merasakan seperti itu karena perhitungan di Indonesia sendiri Up To (shared) itu artinya perbandingan misal 1:4 samapi ada yang 1:8 juga.

Terjemahan dari perbadingan tersebut adalah seperti ini contohnya, koneksi internet yang dikirimkan kerumah atau perusahaan kita akan terbagi menjadi 4-8 titik pelanggan. Jadi misal kita berlangganan internet dengan kecepatan 5 Mbps maka tidak akan setabil mendapatkan kecepatan 5 Mbps tersebut, karena kecepatan atau bandwidthnya dibagi tadi didalam satu wilayah.

Tidak heran pelanggan mengatakan kenapa jika tengah malam kecepatan internet cenderung setabil, tentu ia karena rumah-rumah lainnya sedang tidak menggunakan internet di jalur yang sama tersebut.

Makanya tidak heran kalau jenis paket internet up to ini dijual dengan harga yang relatif murah, ini juga menjadi alasan banyak pelanggan memilih jenis koneksi ini, tidak hanya pengguna perorangan perusahaan juga menggunakan jenis layanan ini yang pada akhirnya kecewa dengan kecepatan yang didapat tidak setabil dan lambat.

2. Koneksi Internet Dedicated

Jenis koneksi internet Dedicated yang paling cocok digunakan untuk perusahaan atau kantor, karena memiliki tingkat kesetabilan yang baik dibandingkan jenis internet up to.

Perhitungan internet Dedicated itu sebagai contohnya seperti ini, misal perusahaan anda berlangganan 5 Mbps, maka maka kecepatan yang anda dapatkan akan stabil 5 Mbps, karena perhitungannya 1:1 dari penyedia langsung ke kantor anda tidak dibagi lagi dengan pelanggan lainnya.

Koneksi jenis dedicated juga akan terasa lambat jika kita salah memperhitungkan pemakaian seperti contohnya kita berlangganan 5 Mbps tapi digunakan lebih dari 20 komputer dengan intesitas tinggi seperti buka streaming video secara bersamaan jelas ini juga akan membuat koneksi anda menjadi lambat.

Harga yang ditawarkan jenis internet ini jauh lebih mahal dibanding up to shared.

Kedua penjelasan diatas memberikan gambaran untuk anda yang belum memahami jenis paket internet yang ada di pasaran. Dengan membaca artikel ini harapannya anda dapat memilih yang tepat untuk kebutuhan koneksi internet anda baik perusahaan atau juga keperluan rumahan.

Saya pernah membahasnya pada artikel ini; Perbedaan Antara Internet Dedicated dan Up To Share

Kesimpulan

Penggunaan dari kedua jenis paket internet ini bisa anda maksimalkan jika memilih jenis sesuai dengan kebutuhan, misal keperluan anda untuk mengirimkan email saja tentu untuk perusahaan cukup menggunakan up to. Tetapi bila keperluannya lebih dari sekedar itu maka pilihlah yang dedicated internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *