Rencana Wajah Baru Situ Bagendit Garut Jawa Barat

Situ Bagendit namanya sudah banyak dikenal kalangan masyarakat khususnya Jawa Barat, Situ Bagendit yang terletak di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut ini merupakan ojek wisata yang memberikan keindahan alam berupa danau.

Apa saja yang akan bisa anda dapatkan jika melancong ke Situ Bagendit ini, disana anda akan disambut pemandangan perbukitan mengelilingi danau dengan menggunakan perahu, bisa juga menikmati pemandangan dengan menggunakan sepeda air.


Rencana Wajah Baru Situ Bagendit Garut Jawa Barat

Legenda Situ Bagendit

Beberapa tempat di Indonesia yang dijadikan obyek wisata tidak lepas dari legenda, warga sekitar menceritakan bahwa Situ Bagendit yang berasal dari dua suku kata yaitu Situ artinya danau dan Bagendit diambil dari nama seseorang yaitu Nyai Endit.

Konon cerita pada zaman dulu ada seorang wanita janda kaya raya yang tinggal di desa terpencil yang memiliki watak jelek seperti serakah, pelit, tamak, dan kikir kepada semua warga desa tersebut.

Nyai Endit yang kaya raya itu tidak pernah memberikan bantuan sepeserpun kepada masyarakat yang hendak meminta bantuannya, bahkan malah di usir.

Singkat cerita ada seorang kakek tua yang sudah renta datang ke rumah Nyai Endit dengan maksud tujuan ingin meminta air buat menghilangkan dahaganya, tapi prilaku yang jelek Nyai Endit justru malah menghina, memukul dan mencaci kake tersebut tanpa memberikan air untuk minum yang diminta oleh kake ini.

Mungkin hanya jelmaan seorang kake yang menguji ahlak Nyai Endit, setelah kake di pukul dan tidak berdaya ingin bangun dan mencabut tongkat yang ditancapkan dan apa yang terjadi bekas cabutan tongkat kake mengeluarkan air yang tidak pernah berhenti pada saat itu pula kake tersebut menghilang.

Air terus keluar dari pusar bumi hingga membuat masyarakat desa tersebut berhamburan menyelamatkan diri mengungsi mencari tempat yang lebih aman, tapi berbeda dengan Nyai Endit lakukan ia sibuk menyelamatkan harta-hartanya, hingga tak mampu menyelamatkan diri sampai air menenggelamkan Nayi Endit beserta harta bendanya.

Air yang merendam desa tersebut sudah berubah dengan sebutan warga sekitar sebagai Situ Bagendit.

Rencana Wajah Baru Situ Bagendit yang akan Direvitalisasi 2020 Oleh Pemprov Jawa Barat.

Pemerintah Jawa Barat berencana memperindah Situ Bagendit dengan cara Merevitalisasi pada tahun 2020 mendatang. Ingin menjadikan obyek Wisata Situ Bagendit ini berkelas Nasional.

Gambaran wajah baru Situ Bagendit juga sudah dirancang, dan gambar rancangan tersebut sudah diperlihatkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, atau sapaan akrabnya Kang Emil pada akun Instagram miliknya. Dengan memberikan caption pada gambar tersebut "Rencana final revitalisasi Situ Bagendit Kab. Garut. Untuk mendukung program Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata,".

Belum ada Komentar untuk "Rencana Wajah Baru Situ Bagendit Garut Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel