Apakah Masih Banyak Orang yang Membaca Blog dan Menguntungkan?

Beberapa hari ini saya konsentrasi memikirkan apakan pengguna internet masih memiliki minat untuk membaca blog, apa karena sudah terlalu banyaknya media besar yang tampil diurutan atas dari hasil pencarian.

Apakah nasibnya seperti media lain yang semakin lama kelihatannya tergerus oleh media hiburan dan informasi melalui internet, sebagai contohnya radio, walaupun diakui keberadaannya tapi seperti sepi peminat bahkan iklan pun jarang berpromosi melalui media tersebut.

Apakah Masih Banyak Orang yang Membaca Blog dan Menguntungkan

Apakah blogging di tahun 2020 masih menguntungkan?

Tetap jawabannya ada pada masing-masing pembaca, seperti saya sendiri berpendapat aktivitas blogging masih tetap akan menguntungkan, walau pun banyak sekali yang harus kita hadapi.

Tujuan menulis pada blog itu bermacam-macam, ada yang hanya sekedar mengisi waktu dan juga hanya menuangkan hobinya dalam menulis.

Tapi saya yakin juga bawa dari banyak blogger ingin mendapatkan hasil dari apa yang dikerjakan pada blognya seperti uang, karena menganggap bahwa aktivitas blogging adalah sebuah pekerjaan yang harus menguntungkan dari segi pendapatan.

Bila kita menulis pada blog karena hobi jelas aktivitas blogging tahun 2020 masih tetap akan menguntungkan karena hobi anda akan tetap tersalurkan.

Misalnya aktivitas blogging anda adalah tujuannya keuntungan terhadap finansial maka blog di tahun 2020 juga masih tetap menguntungkan, tetapi ada syarat yang harus dipatuhi dan dijaga agar tetap menguntungkan.

Minat baca blog semakin berkurang tidak seperti dulu, seingat saya dulu sebelum adanya banyak media menulis di blog seperti tidak sia-sia karena masih banyak orang yang memberikan komentar sampai bertanya solusi dan sebagainya.

Tapi bukan lantas kita menyerah dengan perubahaan ini, justru kita harus lebih siap untuk menghadapi tantangan, agar blog memberikan banyak dampak sekaligus keuntungan.

Blog masih menguntungkan dari Adsense, walaupun tidak mudah lagi kita jalani karena banyaknya tantangan yang harus dihadapi.

Beberapa syarat yang harus dipertahankan agar blog tahun 2020 tetap eksis dan menguntungkan bagi pengelolanya.

Syarat yang harus dijaga dan dijalani:

- Konsisten
Menulis lah terus jangan berhenti, karena saingan blog tidak lagi antar blogger tetapi dengan media besar, seperti portal berita, majalah online, dan media hiburan lain.

Membuat tulisan yang selalu memberikan nilai manfaat bagi pembacanya, saingan yang lebih besarnya bukan antar blogger tetapi dengan media lain karena kebanyakan orang sekarang lebih menyukai visual, facebook, whatsapp, IG, dan media lainnya.

- Belajar SEO

Menulis yang berkualitas memang sangat dianjurkan, tetapi dengan adanya persaingan yang ketat ini juga kita wajib belajar SEO, untuk mengoptimalkan tulisan yang anda buat.

Apa anda pernah membaca atau mendengar bahwa jangan terlalu memikirkan SEO karena akan mengurangi konsentrasi anda dalam menulis, itu juga benar tapi sekarang kita wajib belajar walau hanya teknik dasar saja.

Mengingat hasil pencarian yang semakin kesini media besar online mendominasi hasil, itu yang membuat tulisan kita jadi tenggelam dalam jutaan tulisan yang sama, dengan pengoptimalan SEO paling tidak blog kita mampu bersaing.

- Fokus

Fokus juga dari bagian utama yang menjadi syarat agar blog kita tetap menguntungkan pada tahun 2020 seterusnya.

Apa pernah memikirkan untuk berbelok menjadi seorang konten kreator video?

Tentu banyak blogger yang berubah tujuan yang tadinya fokus pada tulisan dan akhirnya ingin menjadi seorang youtuber.

- Ikuti terus perkembangan

Perkembangan teknologi sangatlah cepat, menjadikan banyak perubahan-perubahan teknis yang harus selalu diikuti oleh seorang blogger, agar tetap bisa mendapatkan penghasilan dari blog pada tahun 2020.

Beberapa syarat yang udah ditulis semoga dapat menjadi sebuah gambaran untuk menyikapi persaingan yang begitu besar ini.

Tips agar blog tetap diminati ditengah sepi pembaca

Tips yang sangat cocok diterapkan bagi pemula dan blogger yang sudah mulai kehilangan semangat karena melihat penghasilan tetangga yang menggarap sebuah konten video.

Ingat konten video juga sama sangat perlu fokus dan konsisten, jika diibaratkan tanaman jika kita tetap fokus merawat dan maka tanaman itu akan semakin cepat tumbuh dan berkembang menjadi besar.

Karena pada dasarnya fokus dan konsisten adalah sebuah kunci menuju keberhasilan baik konten video maupun menulis artikel.

Tambahan lainnya harus rela mengorbankan materi maupun tenaga dan waktu, karena blog yang dibangun menggunakan hosting dan domain sendiri memerlukan uang untuk menyewanya.

Belajar SEO dan Ilmu Marketing, mengambil dari catatan diatas bahwa persaingan yang begitu ketat ini kita tetap mampu bersaing dengan ilmu yang kita miliki untuk mempromosikan blog, agar lebih banyak dikenal oleh orang.

Jadi tidak hanya mengandalkan tulisan yang berkualitas saja, dulu ia karena masih banyak orang yang suka membaca blog, tapi karena sekarang orang lebih menyukai visual maka wajib hukumnya kita mempelajari banyak hal untuk membesarkan personal branding kita.

Sepertinya itu saja dulu pembahasan kali ini tentang aktivitas blogging yang menguntungkan sekaligus mengulas apa blog masih diminati pembaca pada tahun 2020 dan seterusnya.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Masih Banyak Orang yang Membaca Blog dan Menguntungkan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel