Tips Memilih Tempat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Magang atau PKL yang biasanya dilaksanakan oleh peserta didik sekolah menengah kejuruan dalam rangka melatih agar siap untuk kerja, Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil, misal ambil jurusan multimedia maka melaksanakan PKL di perusahaan yang bergerak dibidang multimedia begitu pun dengan jurusan yang lain sama seperti itu.

Pada artikel kali ini kita mebahas tips memilih tempat untuk PKL agar bisa mempersiapkan.



Tips Memilih Tempat PKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

1. Menentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Magang bukan bukan hanya ikut bekerja di perusahaan yang dipilih tetapi harus punya tujuan juga, maka dari itu kita harus tahu tujuan magang itu apa, ada beberapa alasan kita magan seperti mencari pengalaman bekerja, mencari nilai untuk tugas dari seklohan dan lainnya.

2. Mencari Informasi Tempat Magang

Banyak sekali perusahaan di Indonesia ini, yang membuka untuk peserta didik yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), informasi tersebut bisa didapat dari teman-teman atau dari internet. Sebelum mencari yang jauh dari tempat tinggal lebih baik mencari perusahaan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal.

Mencari tempat magang itu harus tepat dengan jurusan apa yang kita ambil, misal jurusan TKJ jelas harus memilih perusahaan yang bergerak dibidang koneksi, seperti contihnya indihome atau perusahaan ISP lainnya yang ada.

3. Seleksi Informasi Yang Sudah Didapat

Saking banyaknya perusahaan yang bisa menerima peserta didik untuk melaksanakan PKL atau magang, maka dari itu bisa kita lakukan penyeleksian terlebih dahulu.

Coba prioritaskan dulu perusahaan yang mempunyai nama besar dari segala sisi, sebelum jatuh pilihan kepada perusahaan yang biasa saja, cara ini tentu ada alasannya yaitu ketika kita ikut magan disalah satu perusahaan yang memiliki nama akan berpengaruh dengan bekal pengalaman yang didapat untuk mencari kerja.

4. Menyiapkan Persyaratannya 

Biasanya perusahaan akan meminta portofolio kita, semua harus dijelaskan semua termasuk juga jurusan yang kita ambil agar perusahaan mempersilahkan kita magang disana.

5. Hubungi Perusahaan

Menghubungi perusahaan yang sudah dikirimi lamaran magang kita, usahakan mengirimkan fortofolio jangan hanya satu perusahaan saja, agar ketika tidak diterima oleh salah satunya kita masih ada kesempatan untuk ke perusahaan yang lain.

Cara diatas yang sudah kita bahas pada artikel kali ini bisa menjadi bahan resferensi untuk mencari tempat untuk PKL yang tepat. Bila ada kesempatan jangan salah ada saja perusahaan yang akan merekrut kita jika rajin pandai dan jujur intinya kerahkan semua kemampuan yang dimiliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel