Perbedaan SSD vs HDD Bagus Mana dan Tips Penggunaanya

Masih bingung menentukan SSD vs HDD bagus mana? Bicara hardware untuk menyimpan dokumen atau untuk dijadikan ruang operasi sistem? SSD singkatan dari Solid State Drive sedangkan HDD adalah Hardisk Disk Drive. HDD sendiri sudah sejak lama digunakan sedangkan teknologi penyimpanan SSD tergolong belum lama dikembangkan ikut melengkapi pasar dan kebutuhan hardware.

Menentukan pilihan SSD atau HDD kembali lagi kepada keperluan pengguna, pasalnya dari kedua hardware ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya, seperti kelebihan yang dimiliki oleh SSD bentuk yang ramping, tahan goncangan, dan ringan, kecepatannya lebih bagus dari pada HDD kekurangannya relatif lebih mahal ketimbang Hardisk biasa.

Fitur yang dimiliki keduanya SSD vs HDD bagus mana, belum ada yang memastikan salah satunya lebih baik karena semua penggunaan hardware tergantung keperluan dan biaya yang beda-beda. Walaupun begitu artikel ini merupakan sebuah referensi saja, jawaban mana yang unggul nanti anda putuskan sendiri.

Perbedaan SSD vs HDD Bagus Mana dan Tips Penggunaanya

Apa itu SSD (Solid State Drive)

SSD di adalah hardware yang memiliki fungsi sama dengan HDD, seperti yang sudah dijelaskan bahwa SSD adalah teknologi baru, sebuah inovasi ruang penyimpanan yang sudah mulai banyak digunakan pada PC Dekstop dan Laptop.

Apakah anda sering menggunakan flash disk untuk menyimpan file sementara? Kaitannya dengan flash disk dari segi konsep dan teknologi, bisa dibilang SSD itu flash disk berukuran besar, cuma berbeda komponen yang dipasang pada SSD dari segi luas penyimpanan dan kecepatan yang lebih tinggi ketimbang flash disk.

Dilihat dari konsumsi energi SSD lebih hemat karena lebih cepat memproses segala perintah baik membaca atau menulis, untuk fungsi penyimpanannya sama dengan hard disk biasa. Kenapa SSD memiliki kecepatan yang baik, karena menggunakan teknologi chip memori yang tertanam permanen, jumlahnya tergantung kapasitas SSD tersebut.

SSD tidak mempunyai piringan yang berputar didalam boknya, itu juga sebagai alasan kenapa kemampuan membaca dan menulisnya lebih cepat, Sedangkan HDD memiliki piringan yang bertugas untuk menyimpan semua file, dengan cara berputar.

SSD juga tidak mudah rusak, akibat tindakan wajar seperti terjatuh atau terbentur, karena didalamnya menggunakan komponen elektronika yang menempel kuat di PCB boardnya. Kemudian tidak tidak berisik seperti flash disk saja.

Apa itu HDD (Hard Disk Drive)

Hardware jenis ini sudah hadir pada tahun 1956, pada waktu itu IBM menggunakan teknologi piringan magnetik yang berputar untuk menyimpan file di komputer. Berawal dari sana HDD berkembang dengan pesatnya jauh sebelum ada SSD, dari kapasitas yang kecil hingga bertera-tera (1000an GB), komputer pada umumnya menggunakan penyimpanan jenis ini karena tergolong memiliki ruang penyimpanan yang cukup lega dibandingkan dengan SSD.

Laptop sampai sekarang juga masih banyak yang diproduksi dengan penyimpanan berteknologi HDD, tapi tidak jarang pula yang dibuat menggunakan SSD, yang jelas produsen akan membuat sesuai permintaan pasar, faktor yang menjadi HDD masih laris manis adalah dari segi harga yang terjangkau tapi memiliki kapasitas yang mencukupi kebutuhan.

Sekarang anda sudah memahami setelah membaca penjelasan diatas, apa sudah bisa disimpulkan SSD vs HDD bagus mana?

Tips penggunaan SSD dan HDD

Bagi yang sekarang ada rencana merakit sebuah PC atau akan membeli Laptop, tips ini mungkin tepat untuk diaplikasikan memang merakit sebuah PC butuh biaya yang cukup banyak jika menginginkan performa yang kenceng.

Penggunaan SSD yang tepat untuk anda coba gunakan sebagai penyimpan file sistem termasuk aplikasinya, alasannya dengan menggunakan drive jenis SSD untuk mencari performa yang kencang baik pada saat awal start OS begitupun saat membuka berbagai software termasuk games.

Sedangkan HDD digunakan untuk drive penyimpanan file dokumen saja, dengan begitu anda akan merasa lebih mudah merawatnya misal ingin install ulang PC tidak repot-repot untuk backup file dan sebagainya karena dokumen dan operasi sistem terpisah.

Itulah penjelasan mengenai SSD vs HDD bagus mana semoga dapat menjawab pertanyaan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel