Penting Melindungi Konten Blog Dengan DMCA

Seorang blogger tidak hanya menjaga kesehatan blognya dengan keamanan yang baik agar blognya tetap dapat diakses termasuk melindungi konten blog yang sudah dibuatnya, artikel ini berawal dari sebuah ingatan saya dulu banyak sekali blogger yang menggunakan cara tidak baik seperti melakukan copy paste tanpa menyertakan link sumber.

Menjaga sebuah konten yang ada diblog kita juga sangat penting, apalagi saat ini banyak orang yang ingin mulai terjun pada dunia bloging tapi tidak memiliki kemampuan lebih, tepatnya tidak mau mengikuti proses menjadi seorang blogger yang benar-benar memiliki konten original.

Penting Melindungi Konten Blog Dengan DMCA

Ingat melindungi konten itu yang bersifat wajib bagi saya, karena jika tidak maka timbul kerugian untuk blog yang kita kelola dari segi SEO, bila ada yang mencuri atau menjiplaknya apalagi si pelaku tidak lulus dari cek plagiat, dan hal-hal lain yang ditimbulkan maka dari itu penting melindungi konten blog.

Bila saat ini anda sedang mencari solusi untuk melindungi konten, bisa daftarkan blog anda di Digital Millenium Copyright Act atau yang biasa dikenal dengan DMCA, banyak blog yang mempercayakan untuk melindungi konten blognya.

Mengenal DMCA 

Digital Millenium Copyright Act, yang sudah lama disahkan pada tahun 1998 di Amerika Serikat untuk mengatur hak cipta atas konten digital. Melindungi konten digital yang dihasilkan seseorang meliputi gambar, teks, foto, dan video yang dikemas secara digital semuanya yang terdaftar akan dilindungi.

Mengulas singkat tentang Hak Cipta

Misalkan anda membuat sebuah karya konten yang ditayangkan secara publik maka hal tersebut memiliki hak cipta, menjadikan orang lain tidak boleh menggunakan karya yang anda buat begitu saja tanpa izin dari anda, jadi pada intinya tidak boleh ada karya lain yang menyerupai milik anda 100%.

Pernah mendengar istilah Fair Use?

Jadi sebenarnya konten yang mempunyai hak cipta bukan berarti tidak boleh digunakan oleh orang lain, sebuah konten bisa digunakan oleh orang lain dengan batasan tertentu, itu yang disebut Fair Use.

Contohnya seperti yang sering anda lihat pada situs Youtube tidak sedikit yang menggunakan konten orang lain, tapi masih dalam konteks wajar atau Fair Use masih dalam batasan. Dalam hukum fair use anda tidak perlu meminta izin kepada pemilik asli jika menggunakannya masih dalam batasan tertentu.

Kemabali ke pembahasan melindungi konten blog dengan DMCA, sebuah perlindungan terhadap konten anda yang copy dan mengakui konten anda sebagai miliknya dalam bentuk apapun maka DMCA dapat membantu kita untuk menutupnya dari mesin pencarian misalnya atau menghapusnya.

Mengapa konten anda memerlukan perlindungan DMCA?

Dengan menggunakan DMCA untuk melindungi konten anda, maka sebenarnya kita terbantu ketikan akan memproses sebuah pelanggaran yang ditemukan dalam mengurus, selain itu perlindungan ini diberikan secara gratis, kendati ada juga yang berbayarnya jika ingin meningkatkan perlindungan yang lebih.

Kesimpulan

Biar bagaimanapun sebuah konten yang sudah kita publik dan dapat dilihat dibaca oleh orang lain, baiknya buatan sendiri, mengenai ide yang anda dapatkan adalah sebuah jiplakan tapi itu bukan pelanggaran, tentu ide tersebut yang akan anda kembangkan kearah yang lebih baik lagi.

Dengan belajar membuat karya sendiri berarti kita sudah masuk dalam kategori sebutan blogger, artikel mengenai perlindungan konten blog dengan DMCA ini semoga bisa menjadi sebuah penyemangat bahwa konten terbaik adalah buah karya pemikiran yang dituangkan sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel