Hari Batik Nasional: Kenali Motif Batik Khas Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara dengan batiknya, batik ini sudah ditetapkan juga oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (wikipedia). Batik yang berasal dari negara kita ini banyak motifnya.

Batik di Indonesia mempunyai sejarah, yang kaitannya erat dengan kerajaan pada tempo dulu yaitu Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di pulau jawa kala itu, beberapa catatan mengatakan perkembangan batik sendiri banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, kemudian zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. (wikipedia)

Seiringnya waktu terus berjalan pembuatan batik pun bisa memakai bahan kain lain seperti katun, sutera, rayon, poliester, dan bahan sintetis lainnya. Motif yang batik yang dibuat dari cairan lilin dengan menggunakan bantuan alat yang bernama canting untuk batik yang memiliki motif lebih halus.

Untuk motif batik yang berukuran besar menggunakan media alat kuas, dan setelah cairan lilin meresap dengan baik ke serat kain, yang selanjutnya kain setelah dilukis dengan canting akan dicelupkan bagian ini untuk mewarnai.

Proses pencelupan pada awalnya dengan warna yang lebih muda karena tahap berikutnya akan dicelupkan pada warna yang lebih tua untuk memperoleh motif yang diinginkan, bahan kimia yang akan melarutkan cairan lilin yang menempel pada kain.

Kenali Motif Batik Khas Indonesia

Hari Batik Nasional, Kenali Motif Batik Khas Indonesia


Hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 oktober hampir seluruh intansi pemerintah maupun swasta mengenakan baju batik, agar kita lebih mengenal batik khas Indonesia, ini ada beberapa motif yang bisa anda kenali.


1. Batik Motif Sekar Jagad

Batik ini berasal dari daerah Jawa, dan salah satu motif yang sangat khas dengan Indonesia. Motif sekar jagat identik dengan batik Jogja yang mempunyai makna sekar jagad, kecantikan dan keindahan motif ini membuat orang yang melihatnya terpesona dengan keindahan motifnya.


2. Batik Motif Sidomukti Magetan

Nama yang khas dengan daerah, Magetan memang batik ini bernama sidomukti Magetan, motif yang cantik dengan bahan dasar bambu ini mempunyai arti filosofi bagus yaitu harapan untuk memperoleh ketenangan lahir dan batin.


3. Batik Motif Keraton

Jenis motif batik ini sangat eksklusif karena pada waktu itu hanya keluarga sultan saja yang diperbolehkan menggunakan batik keraton, masyarakat biasa tidak diperkenankan menggunakannya, tetapi seiring perubahan zaman kini batik keraton sudah bebas dipakai siapapun.


4. Batik Motif Jepara

Modif jepara ternyata terbagi dua macam karena ada motif lama dan motif yang baru, keduanya mempunyai ciri khas yang berbeda seperti yang terdapat pada motif lama yaitu mempunyai ciri lung berwarna hitam, gajah coklat, flora serta fauna, daun ulir hijau dan lainnya.

Sedangkan batik Jepara baru merupakan batik tulis yang banyak ragam macamnya, banyak juga yang menyebut batik jepara adalah batik kartini, jadi jika anda ingin membeli batik ini bisa dicari di kota Jepara.


5. Batik Motif Solo

Batik solo atau batik sogan, yang memiliki motif warna kecoklatan, konsep batik ini masih bertahan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan yang alami sebagai pewarnanya, batik solo mempunyai arti dari motifnya tersebut yaitu gelombang sungai bengawan solo yang membawa ketenangan.


6. Batik Motif Tasik

Seperti yang disebutkan bahwa Indonesia mempunyai banyak motif batik, termasuk dari daerah tatar sunda yaitu Tasikmalaya, batik tasik disebutnya yang mempunyai khas motif bentuk rerumputan yang berkaitan dengan alam, warna khas yang ada di batik tasik ini berupa biru, merah padam, dan cokelat.

Masih banyak batik yang belum disebutkan semua itu kekayaan nonbendawi yang dimiliki Indonesia yang harus dijaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel