Faktor yang Menentukan Untuk Blog Berada di Halaman Pertama Google

Setiap blogger dan pengelola website lainnya berharap halaman yang di kelola masuk peringkat google search engine, tentu kita sebagai blogger pemula pasti bertanya-tanya faktor yang menentukan untuk blog dapat berada di halaman google pencarian, simak pembahasannya.

Ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi sebuah website, blog, atau sebuah artikel berada diperingkat pertama pada google dan mesin-mesin pencari lainnya.

Banyak sekali faktornya hingga google mengatakan bahwa sekitar 200an lebih algorithma untuk peringkat, berikut ini faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ranking google.



Faktor yang Menentukan Untuk Blog Berada di Halaman Pertama Google

1. Domain cukup usia


Banyak sekali blogger yang putus semangat ketika masa-masa kritis seperti menjelang enam bulan karena konten yang dibuatnya tak kunjung mendapatkan ranking, akhirnya berhenti menulis artikel dengan rajin berbeda dengan tiga bulan pertama masih semangat.

Usia domain itu berpengaruh terhadap penentuan sebuah website atau blog berada di halaman pertama google, umur domain yang lebih tua sangat mungkin berada pada peringkat yang lebih tinggi dari hasil pencarian google.

Pernyataan ini bukan berarti website domain baru dapat menduduki peringkat bagus, domain berumur 6 bulan saja dianggap umur domain tersebut baru aktif, karena setelah 6 bulan blog anda mulai mendapatkan traffic dari hasil pencarian.

2. Domain bebas dari pinalti google (bersih)


Domain yang bersih cukup berpengaruh terhadap performa blog beranjak ke peringkat pertama pencarian Google. Domain bersih itu artinya bahwa domain yang ada gunakan bebas dari pinalti dari Google, karena anda melanggar komunitas atau aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama.

Hal itu terjadi karena ada tindakan yang tidak wajar kita lakukan, karena spam misalnya, report tersebut bisa dicek pada Google Webmaster Tool, kemudian hal tersebut bisa anda perbaiki dengan mencari permasalahannya pada webmaster tool.

Ada juga anda bisa melihatnya pada Google Analytic dan disana akan mendapatkan informasi terkait pinalti yang mengakibatkan traffic blog jadi turun bahkan akan hilang dari peredaran. Dengan menggunakan domain yang kotor maka anda sangat buang-buang waktu, semua itu tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan seperti, ingin konten yang di publish berada di mesin pencarian, solusinya rajin membersihkan atau mulai mempertimbangkan menggunakan domain baru saja.

3. Kompetisi Keyword


Faktor ini sangat penting juga mendapat perhatian lebih dari anda karena persaingan kata kunci begitu ketat, jika ingin bisa diantara pemenang berarti kita harus selektif memilih kata kunci yang kita buat mampu berada di peringkat yang baik.

Banyak kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula karena salah memilih kata kunci populer dengan tingkat persaingan yang ketat dengan harapan ingin kebagian jatah berada di peringkat pertama, padahal hal tersebut sangat memungkinkan blog kita sulit masuk ke peringkat. Kecuali kita memiliki sebuah website atau blog yang kuat, dan terpercaya ini sangat mungkin untuk bersaing kata kunci.

Menargetkan kata kunci dengan persaingan yang rendah agar blog mendapatkan peringkat yang tinggi, ketika hal tersebut anda lakukan dengan konsisten maka blog anda akan cepat dipercaya seiring dengan umur domain yang semakin tua.

Mulai dengan kata kunci yang rendah persaingan agar domain mendapat kepercayaan google agar setiap konten yang kita upload mendapatkan respon yang lebih cepat dari mesin search engine karena dianggap website kita penting.

3. Pemilihan jenis konten


Percaya tidak kalau faktor ini juga berpengaruh terhadap hasil ranking yang kita akan peroleh, contoh yang biasa anda lihat dan sering sekali berada di ranking pertama adalah konten berita, karena konten jenis seperti itu dianggap penting disamping itu didukung dari tingkat kepercayaan terhadap domain dan juga umur tersebut tentunya.

Berbeda dengan jenis konten yang isinya adalah cerita tentang makanan, dibanding cerita berita tentang kericuhan cenderung cepat. Dengan karakteristik mesin pencarian seperti itu berarti kita sudah bisa mencari konten yang berada di tengah-tengah antara dianggap penting dan juga tidak begitu penting.

4. Memilih judul


Agar Blog berada di halaman pertama Google faktor judul termasuk penting anda pikirkan dengan baik dan memilih yang tepat, karena dengan begitu akan membuat sebuah judul artikel yang teroptimasi SEO, judul yang baik dengan penerapan SEO faktor ini akan membantu konten kita mendapat peringkat dengan cepat.

Bisa dibilang judul artikel, sangat penting karena percuma juga bila anda menulis artikel bagus tapi memilih judul yang tidak tepat maka, bisa dimungkinkan dalam waktu yang singkat blog anda tidak akan mendapatkan peringkat tinggi di Google.

Kenapa memilih judul itu penting sekali anda pikirkan dengan baik karena bila blog kita tergolong baru dan belum kuat untuk bersaing, maka dengan cara membuat judul yang relevan akan menjadi senjata untuk berperang di mesin pencarian.

5. Memiliki artikel panjang


Artinya begini, kita bisa melihat beberapa orang-orang yang bekerja sebagai marketer online, mereka sangat menomor satukan panjang konten karena salah satu faktor mendapat peringkat di mesin pencarian targetnya.

Artikel panjang mempunyai kesempatan lebih tinggi ketimbang artikel yang pendek yang membuat lebih sulit bersaing dengan konten-konten lain yang topiknya sejenis. Jadi usahakan membuat sebuah konten yang panjang dengan uraian yang jelas agar kesempatan menduduki peringkat pertama mesin pencari google akan tercapai.

6. Jumlah Artikel


Sudah tau kan tentang pro dan kontra bahwa ada yang lebih memilih konten lebih banyak, ada juga memilih konten sedikit tapi berkualitas, padahal mana yang lebih baik? Tentu jumlah artikel banyak dan berkualitas, tapi itu tidak mudah dilakukan oleh blogger pemula, hal tersebut banyak dilakukan oleh profesional blogger.

7. Artikel atau Konten Asli


Lagi-lagi jangan menggunakan konten yang tidak orisinil, siapa bilang ori itu dibangun dari ide sendiri kemudian anda ketik, bagi saya pribadi  orisinil itu ide boleh kita temukan dari mana saja, entah blog, buku atau  apa saja yang dapat menginspirasi kita sehingga menjadi sebuah tulisan, itu yang dinamakan orisinil.

Faktor lain anda bisa menulis sambil membaca blog orang lain, hal tersebut bukan berarti kita mengetik ulang isi konten yang ada di blog itu melainkan hanya membaca alur cerita saja yang kemudian anda buat cerita dengan alur yang sama dengan cara yang berbeda, apa sudah paham sampai di sini mengenai orisinil?

Itulah beberapa faktor yang menentukan sebuah blog cepat atau lambatnya mendapatkan ranking pada mesin pencarian, sebenarnya masih banyak faktor lain yang belum disebutkan pada artikel kali ini, jadi dengan 7 faktor tadi semoga kita semua mampu memperbaiki kualitas halaman blog atau website menjadi lebih baik lagi.

Kesimpulan

Sebuah blog akan mendapatkan ranking pencarian yang bagus adalah bisa anda coba yang paling pertama seberapa sering anda mempublish sebuah konten? Jika sering maka robot google akan lebih cepat mengidexnya ingat hanya index belum sampai di ranking, tapi itu awal dari semuanya, belajar konsisten seperti situs berita pada umumnya mereka selalu konsisten.

2 Komentar untuk "Faktor yang Menentukan Untuk Blog Berada di Halaman Pertama Google"

  1. Gan, cara mengetahui blog kena pinalti google bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpelnya bisa dilihat dari dashboard webmaster tools gan, disitu semua tertera apa saja masalah yang dialami oleh blog kita termasuk ketika menyalahi aturan google.

      Terima kasih sudah mampir..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel