Cara Ampuh Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog

Berbagai cara dilakukan agar dapat menulis artikel yang bermanfaat untuk pengunjung blog, sebagai seorang blogger yang belum memiliki banyak pengalaman tentu akan merasa kesulitan saat mencari ide untuk menulis artikel, pada awal membuat blog kita sangat aktif membuat sebuah artikel bahkan sehari sekali mampu update tapi saat memasuki beberapa bulan ide mulai berkurang.

Jika anda mendapatkan masalah seperti itu, berarti sama dengan yang blogger lain alami termasuk saya, jadi tenang saja dimana ada kesulitan pasti ada juga kemudahan bukan?

Sebenarnya mungkin ide anda banyak cuma, apa yang akan dituliskan sudah ada di internet bukan? Nah, itu yang menyebabkan kita harus memikirkan ulang ide saat mau menulis artikel untuk blog. Dengan masalah seperti itu menjadikan banyak pemula yang merubah niatnya dari ingin menulis sendiri, akhirnya ambil jalan pintas dengan melakukan spin artikel dari tempat blog lain.

Semua bisa kita lakukan dari ide yang ringan saja, karena sejatinya artikel yang ada pada blog adalah sebuah gambaran yang bisa kita ambil sisi positifnya, menarik atau tidaknya sebuah artikel hanya pembaca yang dapat menilainya, yang terpenting tulis saja apa yang terlintas ada di pikiran abaikan rasa tidak percaya diri kita.

Cara Ampuh Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog

Coba cara ampuh mencari ide untuk menulis artikel blog ini.

1. Banyak membaca

Dengan banyak membaca tanpa sadar ide-ide akan terlintas yang bisa kita tulis menjadi sebuah artikel, cara seperti ini banyak dilakukan oleh blogger profesional, karena tidak mungkin kita dapat menuliskan sesuatu yang sedang ramai dibicarakan tanpa melakukan penelusuran dan membaca cerita tersebut hingga tuntas.

Bila kemauan untuk membaca anda sangat tinggi maka mulailah membaca sesuatu yang anda kuasai, jika anda menguasai teknik komputer maka banyak baca dari blog, majalah, koran, dan media lainnya yang membahas tentang itu, temukan kata-kata yang dapat dijadikan ide artikel.

2. Ide dari orang-orang sekitar kita

Terkadang banyak yang bisa anda dapatkan dari kegiatan sehari-hari ditempat kerja, rumah, warung dan sebagainya. Kebiasaan orang-orang jika sudah berkumpul ada saja cerita yang bisa kita ambil dijadikan sebuah ide tulisan. Untuk mengembangkan ide yang kita dapatkan dari orang sekitar dengan cara mengumpulkan beberapa referensi terkait dengan ide anda melalui internet atau buku.

3. Mencari Ide melalui media elektronik (tv dan radio)

Hal ini sudah jarang dilakukan oleh banyak orang dewasa ini, karena lebih banyak menghabiskan waktu luangnya dengan internet, seperti media sosial atau hanya sekedar ngobrol di group pesan instan. Padahal di radio ada saja sesuatu yang bisa kita jadikan sebuah bahan artikel.

Atau dari sebuah acara yang ada di televisi, tidak jarang acara yang ada di stasiun televisi yang masih bisa kita jadikan sebuah ide, sebagai contohnya acar yang membahas lingkungan hidup, atau profile sebuah bisnis dan lainnya, tentu acara televisi sebenarnya didapat dari sebuah riset dan sebuah ide.

4. Ide didapat dari sebuah channel youtube

Walaupun sebenarnya youtube adalah sebuah media berbagi video yang banyak kontennya diambil dari sebuah blog yang diubah menjadi sebuah konten video, tapi disana kita juga bisa mendapat banyak ide untuk dijadikan sebuah artikel, memang terkesan bolak balik tapi ini ampuh juga dijadikan tempat mencari ide sebuah artikel.

Empat cara diatas bisa anda coba, atau paling tidak anda mendapatkan sebuah gambaran untuk selalu belajar, karena saya sendiri tidak memaksakan anda setuju dengan pendapat saya dalam artikel ini.

Kesimpulan

Dalam membangun sebuah blog yang perlunya ide-ide yang baru agar blog mampu bersaing dengan artikel yang lebih dulu ada, perlunya banyak membaca agar mampu menulis karya kita dengan bagus dan dapat diterima pengunjung.

Terus berlatih mengembangkan sedikit ide yang ada dengan mengulasnya lebih lengkap, Semakin banyak anda mencari tau dengan membaca, mendengar maka kemampuan menulis artikel yang menarik akan segera anda miliki.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel