Tips Sederhana Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagiahan Tidak Bengkak

Soal listrik ini salah satu kebutuhan terpenting untuk menunjang berbagai aktivitas bagi setiap orang, bagaimana tidak hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan memerlukan aliran listrik, tidak heran jika tagihan listrik menjadi besar. Banyak faktor yang membuat tagihan listrik jadi banyak, diantaranya kita seringnya melupakan hal-hal kecil padahal penting karena kebiasaan sehari-hari tidak memperhatikan bahwa pemborosan energi akan mempengaruhi pengeluaran bulanan.

Dengan mengubah prilaku terhadap penghematan pemakaian listrik sekecil apapun dapat mempengaruhi tagihan bulanan, untuk lebih lengkapnya mari kita bahas langkah sederhana untuk menghemat listrik.

Tips Sederhana Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagiahan Tidak Bengkak

Tips Agar Menghemat Pemakaian Energi Listrik


1. Cek Kabel Colokan

Siapa yang masih sering lupa sama hal kecil seperti tidak mencabut colokan alat elektronik seperti carger HP, Laptop dan sebagainya. Nah, bila anda masih melakukannya coba ubah kebiasaan yang menyebabkan energi listrik terbuang percuma.

2. Hemat Menggunakan Lampu

Cara ini sudah menjadi hal yang umum jika ingin hemat maka harus mematikan lampu jika sudah tidak dipergunakan untuk penerangan seperti malam hari, dan dibuat jadwal konsisten untuk mematikan lampu pada jam tertentu yang sudah anda sepakati, misal jam 11 malam beberapa lampu sudah dipadamkan.

Beralih ke teknologi sekarang yaitu lampu LED, memang tidak dipungkiri bahwa lampu LED harganya lebih mahal dari lampu pijar biasa, dengan menggunakan lampu jenis LED diyakini mampu menghemat beban tagihan listrik anda, karena watt yang dipakai kecil.

3. Menggunakan Produk Elektronik yang Memiliki Fitur Hemat Energi

Banyak produk-produk elektro seperti perlengkapan rumah tangga yang sudah menggunakan teknologi hemat daya pemakaian listrik, maka dari itu anda perlu mencari alat-alat yang mempunyai fitur tersebut.

Penggunaan listrik sebenarnya bisa dikontrol, asal ada beberapa perubahan yang bisa anda terapkan, jika berat untuk mengganti peralatan karena harganya mahal, lebih baik menghemat dengan cara disiplin menggunakan listrik.

4. Memanfaatkan Ventilasi Udara

Opsi ini optional, karena setiap daerah memiliki kualitas udara berbeda ada yang panas dan dingin, bila anda tinggal didaerah yang bisa tergolong adem opsi ini sangat bagus anda terapkan, karena akan mengurangi penggunaan AC maupun Kipas Angin.

5. Beralih ke Listrik Sistem Token


Dengan menggunakan listrik sistem pulsa ini akan membantu kita untuk menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik, karena listrik token bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini anda lebih bisa mengontrol penggunaan listrik, jadi ketika anda tidak bijak menggunakan listrik maka sistem otomatis akan memutus aliran ketika pulsa anda habis.

Mirip dengan penggunaan pulsa pada telpon celular, sehingga anda bisa menghitung berapa tagihan listrik perbulan, kemudian bisa melakukan ricek alat mana yang sekiranya tidak terlalu efektif dan memakai beban berlebih.

Cara diatas adalah langkah sederhana yang bisa anda terapkan yang bertujuan menghemat pemakaian listrik dan hemat biaya tagihan. Dengan begitu anda termasuk orang yang menyumbangkan penghematan energi bumi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sederhana Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagiahan Tidak Bengkak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel