Fungsi Nomor Resi Pengiriman Barang dari Online Shop

Apakan anda biasa beli barang pada di toko online, atau belanja pada ecommerce seperti tokopedia, bukalapak, shopee? Bila anda sering transaksi online dengan jenis kirim mengirim tentu tidak asing lagi dengan apa itu Nomor Resi Pengiriman.

Langsung saja kepokok penjelsan funsi resi pengiriman, dengan mengabaikan arti kata resi dalam kamus KBBI, jika dalam belanja online itu penting karena funsi dari resi tersebut adalah bukti bahwa barang tersebut sudah dikirim, biasanya penjual akan memberikan nomer resi pada pelanggannya untuk dijadikin bukti bahwa pesanannya sudah dikirimkan kealamat pemesan.


Ada beberapa kasus yang sempat beredar, cerita seru antara penjual dan pembeli mengenai nomor resi. Dalam cerita tersebut pembeli tidak mengerti fungsi resi, yang pada akhirnya pelanggan mengungkapkan kekecewaan kepada penjual karena heran kenapa resi belum dikasih tapi barang sudah sampai.

Memang pada umumnya pembelian secara online itu prosesnya seperti ini:

1. Pelanggan melakukan cek out
2. Menyelesaikan Pembayaran
3. Penjual mengirimkan Nomor Resi ke pelanggan


Tetapi ada juga beberapa toko online yang mengabarkan atau menginput pada ecommercenya telat, padahal barang tersebut sudah sampai pada alamat pembeli, nah ini normal, yang tidak normal atau ada indikasi penipuan itu jika resi tidak diberikan, kemudian barang tidak sampai dengan kata lain tidak dikirim ini jelas penipuan.

Poin nomor tiga tadi adalah proses bila anda beli di online shope selain ecommerce seperti tokopedia, karena disana penjual tidak memberikan secara langsung nomor resi pengiriman kepada anda, melainkan diinput pada laporan pengiriman, dan pelanggan bisa cek status pengiriman melalui aplikasi atau manual.

Kesimpulan dari Fungsi Nomor Resi Pengiriman

Pada artikel kali ini, membuat kita lebih memahami lagi apa sih nomor resi itu, karena sejatinya tanpa nomor resi pun tidak masalah asalkan barang yang kita pesan sampai di rumah dengan baik dan cocok tidak ada yang keliru.

Pentingnya Nomor Resi itu ketika anda sedang menunggu pesanan dan ingin mengetahui keberadaan barang tersebut sampai mana, maka dengan nomor resi anda akan mengetahui posisi terakhir dimana selain dijadikan bukti.

Fungsi lainnya bisa dijadikan alat bukti ketika anda kehilangan barang yang belum sampai, nomor resi tersebut pasti akan ditanyakan oleh petugas jasa pengiriman barang untuk kebutuhan investigasi.

Jadi sudah paham ya, apa fungsi resi pada pengiriman jadi jangan aneh ketika barang sudah sampai tapi resi belum di update oleh penjual, malah senang tidak harus nunggu lama pesanan datang.

Semoga bermanfaat, menambah wawasan di dunia online

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Nomor Resi Pengiriman Barang dari Online Shop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel