Biar Tidak Salah Pilih Jurusan, TKJ atau RPL

Artikel ini saya khususkan untuk siswa yang nanti setelah lulus SMP akan masuk ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), mungkin saja masih bingung nanti akan pilih jurusan mana yang akan diambil, karena banyak pilihan tidak hanya TKJ dan RPL, namun saya pilih kedua jurusan itu saja karena dari beberapa sumber yang saya temui mengatakan bahwa kedua jurusan ini banyak peminatnya.

Terlebih lagi dengan adanya siswa yang merasa menyesal masuk kesalah satu jurusan yang memang ternyata bukan dunia dia, pada akhirnya ingin pindah ke jurusan yang lain, dengan artikel ini saya berharap siswa nantinya tidak menyesal dikemudian hari, simak pengertian atau penjelasan dari kedua jurusan ini.


- Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Pengertian dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang biasa kita dengar dengan sebutan TKJ, merupakan salah satu jurusan yang banyak peminat, bukan hanya itu TKJ bisa ditemukan hampir semua sekolah SMK.

Jurusan TKJ adalah sebuah pembelajar kepada siswa tentang merakit komputer dan jaringan, mari kita jabarkan:

a. Merakit Komputer

Dengan masuk jurusan TKJ maka siswa akan diajarkan ilmu dasar bagaimana merakit komputer dan pengenalan semua komponen yang berada disana termasuk pengenalan software.

b. Jaringan

Pada jurusan ini tidak hanya diajarkan tentang bagaimana merakit komputer, akan tetapi siswa TKJ juga dikenalkan kepada beberapa pengetahuan dasar tentang jaringan publik maupun lokal, baik kabel atau pun dengan wifi.

Nah, itu inti dari jurusan TKJ karena memang jurusan ini besiknya adalah Informasi Teknologi, jadi kebanyakan siswa lulusan TKJ mampu untuk memperbaiki komputer yang rusak dan memasang jaringan dari komputer satu dan lainnya.

Dengan masuk jurusan TKJ akan mengerti apa itu IP, bahkan jika siswa tersebut memiliki rasa penasaran yang tinggi ingin belajar maka akan mampu mengerti mikrotik.

Keterampilan Yang Dimiliki

Jurusan TKJ memang bertujuan agar peserta didik mampu menghadapi tantangan setelah lulus sekolah dalam dunia kerja, karena nanti akan mampu merakit komputer, install os, memperbaiki komputer, dan jaringan.

Biasanya lulusan TKJ akan menjadi support diberbagai perusahaan untuk menjadi support IT, toko komputer sebagai tenaga ahli, dan menjadi administrator jaringan disebuah hotel, perkantoran, mall juga.


- Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

RPL salah satu primadona jurusan yang disukai saya dapatkan informasi dari sekolah SMK dibeberapa daerah, jurusan ini tidak sepi dari peminat entah apa alasannya, berikut ini penjelasan dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Bidang keahlian yang berhubungan erat dengan teknologi komputer, yang lebih jelasnya adalah mempelajari bahasa pemograman yang rumit, seperti PHP, HTML, dan Msql Database juga dipelajari disini.

Keterampilan Yang Dimiliki

Lulusan dari jurusan RPL biasanya mampu membuat sebuah website, paham bahasa pemograman, hingga membuat berbagai aplikasi. Karena RPL sendiri lebih ke bahasa pemograman agar peserta didik nantinya akan menjadi tenaga ahli dibidang teknologi sperti web design, administrator server, programmer dan lainnya yang masih berkaitan.

Pekerjaan yang menunggu lulusan Rekayasa Perangkat Lunak, melihat dari kemajuan teknologi yang semakin pesat ini maka banyak sekali permintaan dari berbagai perusahaan yang berbasis teknologi membutuhkannya.

Yang perlu diketahui, bahwa masuk jurusan RPL itu lebih baik yang sudah mengerti tentang komputer, jika belum mengerti bahkan jarang istilahnya ngoprek komputer maka saya pastikan akan kebingungan. Memang masuk RPL adalah tujuannya untuk mengerti tapi sangat disarankan mulai sekarang perbanyaklah mengenal bahasa pemograman dan komputer, agar ketika sudah masuk jurusan RPL tidak akan bingung.

Ini syarat penting yang harus dicatat:

1. Memiliki mental yang kuat tidak gampang menyerah.
2. Logika, jurusan RPL mengharuskan siswa mempunyai logika yang kuat.
3. Belajar dengan giat dan tidak gampang menyerah.
4. Rajin uji coba tidak gampang menyerah.
5. Mempunyai Laptop atau Komputer dan beberapa software pendukung.

Bagaimana sudah siap untuk memilih mana yang tepat dan sesuai dengan kemampuan.

SARAN

- Jika belum mengerti komputer baiknya pilih TKJ
- Bila sudah mengerti komputer sebaiknya pilih RPL


Oke, semoga informasi ini menjadi sebuah jawaban atas pertanyaan anda, akan pilih jurusan apa nanti di SMK, RPL atau TKJ

Belum ada Komentar untuk "Biar Tidak Salah Pilih Jurusan, TKJ atau RPL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel