Apa yang Membuat Lampu LED Hemat Energi, ini Penjelasannya

Kemajuan teknologi yang membuat banyak inovasi terbaru seperti halnya lampu jenis LED singkatan dari Light Emiting Diode, jenis LED dulu paling banyak digunakan hanya sebagai lampu indikator sebuah perangkat elektronik, sebagai petunjuk status hidup atau mati.

Kebanyakan design lampu LED bermacam-macam warna, lapisannya kebanyakan terbuat dari plastik yang tidak mudah terbakar, daya yang dikonsumsinya pun tidak besar hanya memerlukan 1,5 volt DC, lampu LED sudah bisa menyala.


Apa Fungsi Lampu LED

LED sekarang memiliki banyak fungsi, tidak hanya dijadikan sebagai indikator sebuah alat elektronik teknologi LED terus berkembang hingga dijadikan sebagai lampu penerangan ruangan maupun luar ruangan, karena LED dikenal hemat daya sehingga produsen lampu banyak yang mengembangkannya untuk berbagai kebutuhan seperti:

Penerangan luar ruangan
Penerangan dalam ruangan
Lampu emergency
Layar Komputer maupun TV LED

Apakah Cahaya LED Lebih Terang Dibanding Lampu Pijar Biasa?
LED memang tidak seterang lampu-lampu pada umumnya, tetapi dengan berbagai penemuan yang membuat nyala LED lebih terang dibanding sebelumnya. Lampu jenis LED ini sudah banyak produksi oleh pabrikan besar yang salah satu contohnya Philips.

Untuk mendapatkan cahaya yang terang lampu LED hanya memerlukan daya yang rendah sekitar 4-10 watt, dibandingkan lampu selain LED pemakaian daya mencapai 12-20 watt. Bila hitung-hitungan penggunaan lampu LED lebih rendah dan hemat.

Menggunakan LED lebih efisien

Karena menggunakan lampu jenis LED untuk menghasilkan cahaya dengan intensitas setara terangnya dengan lampu-lampu biasa, membutuhkan daya (watt) lebih kecil. Hitungan pada lampu jika intensitas cahaya sebesar 1100 luminen adalah 24 watt, sementara jika kita menggunakan LED hanya membutuhkan 13 watt, jadi selisihnya cukup besar.

Lampu LED tidak mengeluarkan hawa panas

Mungkin kita mengalami dalam sebuah ruangan yang menggunakan lampu jenis filamen dan menyala terus-menerus akan mengeluarkan hawa panas, nah hal ini tidak akan kita alami bila menggunakan lampu LED.

Usia Pemakaian Lebih Panjang


Bila dilihat dari beberapa produsen pembuat lampu LED mengatakan bahwa usia pemakaian lebih lama hingga 15 tahun, ada juga yang bilang hanya mampu 8 tahun saja, tapi berapa pun usia lampu LED masih panjang umurnya ketimbang lampu filamen biasa.

Kekurangan Lampu LED

Dari segi harga lampu ini tergolong mahal jika dibandingkan dengan lampu filamen biasa, cahaya yang masih kalah dengan lampu filamen ini menjadi kekurangan bagi lampu LED, walaupun bedanya tidak terlalu jauh.

Melihat harga yang lebih mahal, sebenarnya sebanding dengan waktu pemakaian yang lebih lama, jadi kalau dihitung sebenarnya tidak ada ruginya bagi anda yang menggunakan LED, ramah lingkungan dan hemat energi.

Kesimpulan

Pemakaian daya listrik memang menjadi faktor utama untuk menunjang aktivitas, namun demikian penting juga untuk memperhatikan bagaimana agar kita tidak banyak mengeluarkan biaya tagihan listrik, mungkin artikel ini membantu anda menemukan jawaban setelah mencari kenapa lampu LED bisa lebih irit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel