Syarat Menjadi Paskibraka di Istana Negara

Peringatan kemerdekaan yang diselegarakan setiap tahun, seperti di Indonesia pada peringatan hari kemerdekan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus disetiap tahunnya, pada hari itu bendera pusaka merah putih akan dikibarkan oleh Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

Nah, bagi yang ingin menjadi bagian dari momen penting dihari kemerdekaan dengan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara Republik Indonesia.

Ternyata, ingin menjadi Pasukan ini tidak mudah, ada syarat yang harus dipenuhi, yang nantinya akan terpilih dari ribuan pendaftar siswa-siswi setingkat SMA/SMK sederajat secara nasional.

Ingin terpilih dari sekian banyak yang mendaftar, perlu beberapa seleksi yang harus dilewati seperti lolos kompetisi dari kota/kabupaten, provinsi, dan nasional.


Ini Syarat Menjadi Paskibraka di Istana Negara 

Inilah serangakain tes yang harus dijalani menurut berbagai sumber:

1. Parade 

Tes ini dalam bentuk materi yang bakal digunakan untuk menyeleksi calon anggota Paskibraka yang berdasarkan bentuk fisik atau postur tubuh.

2. (PBB) Peraturan Baris Berbaris

Hal yang wajib bagi Paskibraka, dimana PBB adalah sebagai ciri khas. Baris berbaris ini adalah sebagai wujud latihan fisik untuk menanamkan kedisiplinan, patriotisme, tanggung jawab.

3. Psikotes

Tidak hanya fisik saja, tes ini juga harus dilewati untuk mendapatkan peserta yang lebih baik dari segi psikologi yang dimiliki setiap peserta yang mendaftar sebagai Paskibraka.

4. Samapta Jasmani

Serangkaian tes fisik seperti lari, pull up, sit up, push up dan lainnya, yang akan dilakukan untuk menyaring calon anggota Paskibraka.

5. Kesehatan dan Kebugaran

Memang kondisi ini adalah umum, metabolisme dalam tubuh seseorang yang mempunyai kemampuan, daya tahan tubuh untuk melaksanakan tugas secara efisien, produktif tidak cepat lelah.

6. Wawancara

Seleksi selanjutnya adalah wawancara, tes ini digunakan untuk memilih peserta dilihat dari kemampuan, ideologi, dan mental.

7. Kesenian (Daerah)

Materi ini juga akan dihadirkan pada saat tes calon anggota, menyeleksi pendaftar dengan melihat jiwa seni yang dimiliki oleh setiap individu.

8. Pengetahuan Umum

Paskibraka juga harus mempunyai wawasan luas, karena cara ini akan menyeleksi berdasarkan pengetahuannya tentang Paskibra, nasional dan internasional.

Banyak dari putra-putri Indonesia ingin menjadi pengibar bendera pusaka pada saat perayaan kemerdekaan 17 Agustus.

Referensi

http://www.waykanankab.go.id/detailpost/tahapan-seleksi-paskibraka-2019
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasukan_Pengibar_Bendera_Pusaka
https://makassar.tribunnews.com/2017/08/17/persiapkan-dirimu-mulai-sekarang-ini-6-syarat-dan-tips-jadi-anggota-paskibraka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel