Situs Untuk Cek IMEI Ponsel Kemenperin

Kabar mengenai ini sudah santer terdengar bahwa pemerintah sedang merapihkan pengguna ponsel dalam regulasi tenteng IMEI yang targetnya akan berlaku pada februari 2020, pemerintah menyiapkan SINIBA (Sistem Informasi Basisdata IMEI Nasional, yang nantinya akan sinkron dengan operator celular.

Adanya regulasi ini tentunya ada kaitan dengan maraknya ponsel black market istilahnya, bagi anda yang mempunyai ponsel jenis ini sebelum aturan tersebut efektif berlaku maka ponsel anda masih dapat di gunakan atau mendapat pemutihan.


Apa IMEI itu?

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity, adalah sebagai nomor identitas khusus yang di keluarkan sama asosiasi GSM-GSMA pada setiap slot kartu yang di keluarkan oleh pihak produsen HP.

Apa Fungsi IMEI?

IMEI itu berfungsi sebagai nomor identitas ponsel, dengan nomor IMEI akan di jelaskan secara detail HP anda, fungsi lainnya adalah untuk mengecek masa berlaku garansi untuk HP tersebut, dan biasanya situs resmi vendor hp ada fitur pengecekan nomor IMEI.

Selain fungsi yang sudah di jelaskan, maka IMEI juga bisa di jadikan petunjuk pelacakan ketika HP anda hilang, metode pelacakan ini harus ada campur tangan provider kartu yang anda gunakan untuk membantu blokir HP yang hilang tersebut.

Nah, sekarang nomor IMEI yang ada di ponsel akan didaftarkan di Kementerian Perindustrian, ketika produsen akan menjual di pasar Indonesia, Kemenperin akan mengumpulkan data IMEI ponsel yang akan di masukan dalam database yang nantinya akan di kaitkan dengan MSISDN atau Nomor Identitas SIM Card, sedangkan nomor MSISDN berasal dari operator selular.

Akibat yang di timbulkan jika IMEI tidak terdaftar pada Kemenperin.

Jika sistem DIRBS Kemenperin akan mendeteksi ke aslian nomor IMEI tersebut jika di dapati atau tidak terdaftar maka koneksi akan diputus. Nomor IMEI yang ada pada ponsel BM (black market) biasanya tidak terdaftar pada database Kemenperin.

Cara Cek Nomor IMEI

Untuk melihat nomor IMEI ponsel anda caranya mudah bisa langsung cek dengan tekan *#06# cara lainnya dengan melihat dari menu setting-> about phone-> status-> IMEI Information. Setelah itu anda kunjungi url berikut ini imei.kemenperin.go.id setelah terbuka masukan 15 digit nomer IMEI yang ada pada ponsel anda, kemudian klik cari.

Bagi yang memiliki jenis ponsel dengan dual sim terdapat dua nomor IMEI.

Berikut ini informasi resmi dari pemerintah mengenai IMEI

Belum ada Komentar untuk "Situs Untuk Cek IMEI Ponsel Kemenperin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel