Mau Masuk Jurusan RPL di SMK ini Persiapannya

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk calon siswa yang ingin masuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, sebelum kepokok pembahasan kali ini sebentar saya ingin bercerita tentang anak RPL yang saya temui dan termasuk saya salah satu dari penguji mereka pada acara UKOM di beberapa SMK.

Berawal dari pertanyaan yang singkat dengan bertanya ke murid "dek, apa sudah tau sebelumnya, apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?". Sebagian besar anak murid di sekolah tersebut tidak tau apa itu RPL, bahkan ada juga yang masuk jurusan RPL karena terlihat enak atau mudah kemudian nantinya bisa bekerja dengan komputer.

Nah, untuk yang mau melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan kemudian nanti memilih jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, sudah siap dengan yang akan dihadapi nantinya, kemudian tidak menyerah ditengah jalan gara-gara ternyata salah mengambil jurusan.

Agar semua itu tidak terjadi maka yang beberapa hal ini wajib diketahui dan dipersiapkan.

Tips Persiapan Masuk Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK

Tips Persiapan Masuk Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK


1. Rasa Ingin Tahunya Harus Besar

RPL adalah dimana anak murid ingin belajar program seperti design web, struktur database bahkan sampai pembuatan aplikasi Android maupun Dekstop, tanpa adanya rasa keingin tahuan yang besar maka saya yakin akan kesulitan mengikuti pelajaran RPL.

Kepo istilahnya, misal sedang belajar tentang CSS maka seorang murid yang kepo maka akan mencari apa itu CSS dan cara kerjanya, RPL termasuk ke golongan yang selalu ingin tau berbagai hal yang ia temui didalam Rekayasa Perangkat Lunak.

2. Logika

Peserta didik jurusan RPL harus mampu berlogika atau dengan kata lain logikanya harus jalan, jika tidak mampu berlogika lebih baik jangan masuk ke RPL karena akan membebani sepanjang tahun ajaran. Di RPL anda akan di tuntut untuk menyelesaikan project pemograman yang semua ada campur tangan dengan logika.

Bila anda pintar belogika di Matematika maka anda akan cepat memahami cara berlogika di RPL, tapi ada juga yang bilang pintar di MTK belum tentu di RPL.

3. Punya Laptop

Kenapa itu harus ya? Sebenarnya tidak harus tapi kalo tidak ada laptop anda tidak bisa belajar dengan baik, soalnya jurusan yang anda pilih hubungannya erat dengan laptop atau komputer. Jika ada laptop maka anda akan mudah uji coba dari materi-materi yang diterima dari sekolahan.

Nilai tambah adalah koneksi internet di rumah, ini juga tidak wajib tapi lebih baik ada koneksi internet, karena jurusan RPL erat kaitannya dengan internet, yang berguna untuk mencari referensi atau contoh-contoh pemograman yang ada di internet.

4. Tidak Mudah Menyerah

Seorang programer karena lulusan dari jurusan RPL diharapkan mampu membuat suatu project seperti contoh membuat sebuah aplikasi berbasis web base tentang inventori, nah sebuah aplikasi seperti ini bisa dikerjakan oleh anak RPL yang tidak mudah menyerah, karena rasa ingin taunya kuat.

5. Mampu Menganalisa

Anak didik harus mampu menganalisa masalah pada program seperti php, html, css, database dan sampai memahami server hosting. Kemampuan analisa yang baik akan membantu anda menemukan dengan cepat masalah yang terjadi, gampanyanya menganalisa pada file config yang isinya koneksi database, dengan kemampuan tersebut anda langsung menemukan masalah itu.

6. RPL Harus Sedikit Tahu Ilmu TKJ juga

Kok TKJ? Ia karena anda akan belajar bagaimana sebuah server web berjalan dan mampu di akses dari komputer lain, dengan menggunakan IP maupun Domain, jika anda tidak memiliki pemahaman dasar TKJ maka anda akan kesulitan ketika berhadapan dengan masalah network.

Itulah beberapa poin penting untuk yang mau masuk jurusan RPL, agar bisa di persiapkan sebelum mengambil keputusan masuk ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Saya berharap dengan adanya artikel ini membantu anda untuk memilih jurusan yang tepat, supaya tidak menyesal di tengah tahun ajaran hanya karena salah memilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel