Ciri Batu Bata Merah Yang Bagus dan Berkualitas

Masih bingung ingin membangun rumah tapi takut salah memilih batu bata merah yang berkualitas baik? Batu bata merah memang paling sering dipilih untuk dijadikan material bangunan, alasannya banyak kenapa memilih batu bata seperti mudah didapatkan, harganya terjangkau dan kualitasnya juga tidak diragukan.



Batu bata merah tergolong sudah banyak digunakan oleh pendahulu kita seperti bisa dilihat dari beberapa bangunan bersejarah yang menggunakan material batu bata merah selain batu, hingga kini masih bisa kita lihat kekuatannya.

Dengan begitu anda pasti menginginkan bangunan yang kuat dan kokoh bukan? Jika jawaban anda betul begitu tentu bisa pilih saja batu bata, karena pertimbangan kualitas yang baik.

Untuk membeli batu bata yang mempunyai kualitas baik tentu anda harus hati-hati membelinya, pasalnya pengrajin batu bata sangat banyak ini perlunya selektif memilih batu bata karena beda bahan kualitas tanah, kemudian cara mengolahnya tentu menghasilkan kualitas yang berbeda-beda.

Bagi anda sebagai pembeli, bertugas melakukan pemilihan secara tepat batu bata yang ingin dibeli, soalnya melihat dari kualitas batu bata mutunya bagus, dan tidak sedikit juga batu bata yang mempunyai kualitas tidak bagus atau buruk, tapi harga cenderung sama kendati ada perbedaan tapi tidak terpaut jauh.


Untuk mendapatkan kualitas batu bata yang mutunya bagus maka bisa mengenali beberapa ciri sebagai berikut:

1. Dari Warna

Warna batu bata dengan kualitas yang baik, seperti proses pembuatan dan kering sempurna, batu bata dari kualitas tanah liat yang coklat kemudian akan dicampur dengan kulit padi (dedak) kemudian dicetak dan dikeringkan kemudian dibakar dalam waktu beberapa hari untuk menghasilkan tingkat kematangan yang sempurna.

Ada ciri batu bata yang bermutu bagus dilihat dari warna hasil pembakaran yang merah keunguan, warna tersebut terbentuk secara alami dari proses pembakaran yang dilakukan sangat baik.

2. Dari Suaranya

Batu bata berkualitas memiliki suara yang nyaring seperti gremincing agak mirip suara keramik, cara tes suara batu bata anda bisa mencobanya dengan diadu batu bata tersebut maka menghasilkan suara gremincing. Jika anda menemukan jenis batu bata seperti itu dipastikan kualitasnya baik, karena suara tersebut menggambarkan struktur batu bata yang kuat, dan tingkat kematangan yang baik.

Karena batu bata yang mempunyai kualitas buruk suaranya tidak nyaring cenderung rapuh tidak seperti keramik, dan ketika diusap seolah tidak memiliki struktur yang menggambarkan batu bata tersebut kurang matang.

3. Tahan Terhadap Air

Metode lain untuk mendapatkan kualitas batu bata yang baik yaitu dengan cara merendam batu bata tersebut, anda sudah bisa membayangkan kalau batu bata memiliki dua ciri yang sudah disebutkan akan kuat walaupun direndam pada air. Kenapa anda harus memilih batu bata yang tahan terhadap air alasannya batu bata dengan kualitas buruk akan cepat rapuh ketika terkena air, yang membuat bangunan anda akan hancur.

Dengan tiga cara tadi sudah cukup untuk menjadi acuan anda untuk memilih material bangunan.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Batu Bata Merah Yang Bagus dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel