5 Tradisi Perayaan Idul Adha Dari Berbagai Negara

Momen penting bagi umat Muslim untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail kala itu, hikmah yang bisa kita ambil yaitu adalah pentingnya berbagi, momen ini juga di jadikan ajang berkumpul bersama sanak saudara.

Perayaan Idul Adha di Indonesia yang di mulai dengan menunaikan shalat Ied dan akan di lanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Setelah itu masyarakat akan melanjutkan kegiatan dengan berbagi hewan kurban dan masak-masak daging dari hasil kurban.

Dalam kemeriahan Idul Adha tidak hanya di Indonesia saja melainkan di Negara-negara lainnya, tentu setiap negara memiliki cara dan tradisi yang berbeda untuk merayakan Idul Adha.

5 Tradisi Perayaan Idul Adha Dari Berbagai Negara

Yuk, kita lihat apa saja sih kebiasaan umat Muslim di negara lain saat merayakan Idul Adha.

1. Negara Mesir

Di Mesir dalam merayakan Idul Adha tradisi masyarakat di sana biasanya memakan makanan yang banyak mengandung daging. Seperti tumis hati, dan daging yang di potong kotak-kotak kemudian di konsumsi dengan fatta (nasi putih yang di masak dengan saus tomat).

Masyarakat disana jika tidak sempat untuk makan daging dan fatta pada saat sarapan, maka makanan tersebut wajib di hidangkan saat waktu makan siang, dengan di tutup dengan makan ro'a' yaitu makanan ini mirip dengan pai daging.

Perayaan Idul Adha di negeri Piramida merupakan waktu yang sangat berharga bagi penduduk Mesir karena pada momen ini lah mereka berkumpul dengan keluarga dan berbagi daging kurban, karena di sana pada saat Idul Adha, semuanya harus kebagian dan mencicipi masakan daging.

2. Negara Turki

Idul Adha di Turki dirayakan selama empat hari, perayaan Idul Adha di sana tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, yang di mulai dengan shalat Ied yang di lanjutkan menyembelih hewan kurban.

Hal yang unik disana menurut sumber hewan yang akan di jadikan kurban biasanya di hias dengan henna dan pita. Daging kurban akan di nikmati bersama-sama sanak sodara, dan tetangga. Semantara anak-anak di Turki akan mendatangi tetangga dan Keluarga yang lebih tua, untuk mencium tangan mereka sebagai wujud penghormatan.

Untuk makanan khas Idul Adha di Turki adalah Bayrami yang isinya terdiri dari daun anggur di beri isian, borek, juga kavurma yang tebuat dari daging.

3. Negara Inggris

Umat Muslim yang berada di Inggris memiliki tradisi merayakan Idul Adha dengan di mulai malaksanakan shalat Ied, dan dilanjutkan dengan berbagi daging kurban, bagi Umat Muslim Inggris Idul Adha bisa di sebut dengan Savory Ied atau Ied Gurih, karena memang makanan yang di hidangkan kebanyakan makanan yang memiliki rasa gurih.

Menu makanan yang di sajikan juga pada umumnya berasal dari Negara Timur Tengah juga India seperti haleem, kebab, dan biryani (nasi dengan daging pedas). Untuk hidangan penutupnya masyarakat muslim di sana akan menyediakan penutup yang manis kue-kue dari Turki.

4. Negara Uni Emirat Arab

Perayaan Idul Adha di sana adalah waktu untuk memakai pakaian baru dan para wanitanya akan mengecat rambut kemudian menggunakan parfum. Anak-anak dan para wanita akan menghias tangan dengan henna.

Dikatakan sumber Abu Dhabi Culture, waraga di sana menyediakan makanan manis seperti buah, kurma, kopi, dan teh bagi tamu. Keceriaan bertambah karena anak-anak akan diberikan baju baru.

5. Negara India

Dilansir dari India.com, bahwa Idul Adha adalah waktu perayaan penting bagi warga kota Srinagar, Ibu Kota dari Negara bagian Jammu dan Kashmir, India. Masyarakat di kota Srinagar berbelanja baju juga hadiah untuk keluarga dan teman-teman dekat sebelum Idul Adha tiba.

Di sana tiga hari sebelum Idul Adha baiasanya akan diadakan festival apalagi jika momen ini pas dengan liburan maka para pedagang roti, daging dan makanan manis di sana akan di penuhi warga dan turis.

Kebiasaan Umat Muslim di sana saat akan melaksanakan Shalat Ied mengenakan pakaian yang bagus-bagus.

Itu lah 5 Tradisi Perayaan Idul Adha Dari Berbagai Negara lain, berbagai Negara akan memiliki kebiasaan atau tradisi yang berbeda dalam memeriahkan momen penting Idul Adha.

Belum ada Komentar untuk "5 Tradisi Perayaan Idul Adha Dari Berbagai Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel