Kopi Dingin atau Panas, Pilih yang Mana?

Kalo saya lebih suka yang panas, ketimbang kopi yang dingin (pakai es) rasanya lebih mantap saja kalo yang panas, ya tapi itu balik lagi ke pada selera masing-masing tapi jika bicara manfaat bagi kesehatan atau pengaruh untuk kesehatan belum tau nih, mana yang lebih baik dingin atau panas.

Untuk lebih jelasnya, ini menurut dr. Maheinthan Yogeswaran yang membahas manfaat dari kopi yang di sajikan dingin, seperti es kopi mengandung keasaman yang lebih rendah.

Menurutnya hal ini aman untuk sinstem pencernaan, anda tidak merasa sakit perut setelah minum kopi dingin, hal lainya seperti menjaga zat asam yang lebih baik untuk merawat kesehatan gigi.

Pendapat dari ahli gizi Karin Adoni, mengatakan kopi hangat tetap memiliki kelebihan, pengen tau kan apa saja mari kita simak penjelsannya berikut ini.

Kopi Dingin atau Panas, Pilih yang Mana? Masing-masing Memiliki Manfaat

1. Kopi Panas

Dari hasil penelitian di publikasikan oleh Scientific Report 2018, Thomas Jefferson University menemukan adanya perbedaan kimia atara kopi panas dan dingin, katanya kopi yang disedu dengan air panas mempunyai tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan dingin.

Kopi yang disedu dengan air panas membuatnya lebih sehat karena antioksidan yang anda dapatkan dari meminum kopi hangat. dr. Nikola Djordjevic dari DistrubMeNot bilang manfaat antioksidan yang terkandung dalam kopi termasuk menurunkan resiko kanker, jantung, liver dan kematian prematur.

2. Kopi Dingin

Ternyata kafein yang terkandung dalam kopi bisa dilihat darima kopi tersebut berasal hal ini dikatakan oleh pakar kopi dan juga sebagai fouder Ground & Hounds Coffe Co. Menjelaskan Kopi dingin mengangandung lebih sedikit kafein.

Dengan mengkonsumsi kafein dengan jumlah sedikit membuat anda lebih mudah untuk tidur di malam hari, kemudian tekanan darah lebih rendah begitu juga horman yang seimbang bagi perempuan.

3. Kopi Panas Sebagai Mood Boster

Sudah menjadi kebiasaan di pagi hari minum secangkir kopi hangat yang mampu membuat pikiran menjadi lebih positif. Dan ini fakta yang di temukan pada penelitian di tahun 2009 bahwa ketika merasakan hangat dengan menggenggam secangkir kopi menumbulkan kehangatan didalam interaksi secara interpersonal.

Penelitian ini dibagai dalam dua kelompok yaitu dengan cara memegang secangkir kopi dan segelas es kopi, dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok yang memegang kopi hangat melihat orang lain lebih tulus, dan hangat.

Karena dengan alasan ini, mengkonsumsi kopi hangat tentu dengan jumlah yang cukup pada pagi hari dapat membantu meningkatkan semangat dan juga motivasi buat menjalani aktifitas hari-hari anda.

4. Es Kopi Yang Mencegah Serangan Jantung

Kopi memang banyak menfaat yang terkandung di dalamnya termasuk bagi kesehatan, kopi juga sebagai sumber antioksidan yang baik, kandungan yang terdapat pada kopi mampu mencegah dari serangan berbagai penyakit. Dr. Yogeswaran mengatakan kopi dingin secara spesifik dapat melindungi tubuh dari serangan jantung.

Es kopi juga ternyta bermanfaat karena kandungan zat kafein, magnesium, fenolik dan trigonelin yang fungsinya dapat menstabilkan tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin juga dapat menurunkan tekanan pada darah.

Mengutip hasil dari Penelitian di University of Colorado tahun 2017, bahwasanya dengan mengkonsumsi kopi baik disajikan hangat maupun dingin dapat mengurangi 7% resiko serangan jantung.

5. Kopi Hangat Pagi Hari Dapat Mengurangi Stress

Tidak hanya diminum, dengan aroma kopi dapat bisa membuat meningkatnya aktivitas gen tertentu di otak, Penelitian pada tahun 2018 membuktikan bahwa mencium aroma kopi dapat menenangkan dan otak akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia.


Penutup

Pada umumnya mengkonsumsi kopi dapat berdampak baik bagi tubuh apapun itu jenis penyajianya mau yang hangat atau pun dingin, dari kedua sajian ini memiliki manfaat yang menguntungkan tentunya bagi tubuh.

Tapi ingat dampak yang baik jika anda mengkonsumsi kopi tidak berlebihan, karena jika berlebihan malah berdampak sebaliknya.


Belum ada Komentar untuk "Kopi Dingin atau Panas, Pilih yang Mana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel