Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Usia Dini

Blogbebas.com, Menumbuhkan keinginan membaca kepada anak bagusnya dari semenjak dini itu sangat penting karena untuk membantu perkembangan imajinasi dan daya pikir anak. Katanya usia 0 sampai 2 tahun itu disebut usia keemasan, dimana saat itu neuron atau sel-sel saraf otak anak pada masa itu paling pesat menjadikan pas jika diisi dengan berbagai pengetahuan.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang kian pesat ini tentunya orang tua akan bersaing dengan tontonan dan permainan melalui gadget, karena mereka merasa senang, menumbuhkan minat baca anak memang tidak mudah tapi ada beberapa tips yang cocok anda coba.

Mengutip dari saran penulis buku yang ternama Peter Corey, menyarankan bagi orang tua yang ingin menumbuhkan minat baca kepada anak, ciptakanlah suasana kegiatan membaca yang menyenangkan dengan cara bacalah bareng sama anak anda, karena kegiatan ini positif dan edukatif.

Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini


1. Memanfaatkan Waktu Sebelum Tidur

Dengan membaca yang dilakakukan sebelum tidur juga terbilang bagus dengan durasi yang tidak harus lama anda hanya butuh waktu 10-15 menit saja, hawatir jika kelamaan si anak akan bosan.

2. Jangan Paksa Anak Untuk Baca

Dengan cara ini bisa anda coba, dengan membiarkan anak untuk menumbuhkan inisiatifnya sendiri untuk memulai membaca.

3. Dengarkan si Kecil Cerita

Pancing si kecil agar mengutarakan pendapat, kesan dan ide tentang apa yang dibacanya, cari buku bacaan yang mengandung cerita agar si kecil bisa meceritakan pada anda apa yang ia dapatkan dari membaca.

4. Pilih Bacaan

Anak-anak biasanya menyukai hal-hal yang menyenangkan seperti cerita lucu, dongeng yang bergambar. Carilah buku-buku yang ringan untuk dibaca si kecil agar minat baca anak menjadi lebih tinggi.

5. Berika Pujian

Berusaha memberika pujian terhadap anak ketika ia selesai membaca, biarkan anak tau sendiri apa kesalahannya pada saat ia membaca, dengan cara begitu ia akan semakin sempurna membacannya.

Penutup

Jangan khawatir jika buah hati anda membaca ulang buku yang itu-itu saja karena anak-anak tergolong suka dengan pengulangan, biarkan si kecil asik dengan buku tersebut yang penting tujuan anda menumbuhkan minat baca kepada anak usia dini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel