Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Ingin Menjadi Blogger

Memang masih ada yang ingin menjadi seorang blogger? Tapi mungkin masih banyak orang yang ingin menekuni sebagai blogger full time atau hanya menjadi blogger selingan mengisi waktu luang saja, apa pun alasannya yang penting anda tau yang harus di lakukan sebagai blogger pemula.

Menjadi seorang blogger itu mesti sabar, semua proses harus di ikuti dari belajar membuat artikel yang bagus dan menarik, inspiratif, dan yang menurut saya penting lagi adalah belajar SEO supaya nanti blog yang akan di bangun cepat terindex oleh google.

Dari sedikit penjelasan di atas mungkin anda sudah mulai terbayang apa yang harus anda lakukan jika ingin menjadi blogger, hal ini yang wajib anda tentukan terlebih dahulu.

a. Apakah anda membuat blog untuk berbagi pengelaman dan kemampuan.
b. Apakah anda membuat blog buat mencari uang dengan jadi publisher iklan.
c. Apa tujuan anda akan menjadikan blog sebagai tempat berjualan.
d. atau semuanya memang anda inginkan.

Setelah anda sudah dapat memutuskan akan menjadikan blog anda seperti apa, kemudian menentukan target pembaca misal anda memiliki bidikan orang luar negeri berarti butuh blog berbahasa Inggris, tapi jika akan membuat konten untuk pembaca dalam negeri maka bahasa yang di pakai Indonesia.

Ada saran dari saya, lebih baik fokus dalam satu topik saja yang akan anda bahas nantinya jangan gado-gado kalau bisa, supaya anda tidak begitu lelah nantinya dan fokus.

Banyak contoh topik yang bagus di bahas berikut beberapa saya tuliskan:

1. Otomotif
2. Kesehatan/Kecantikan
3. Teknologi
4. Blogging
6. Olah Raga

Sebenarnya masih banyak lagi topik yang masih jarang di ulas oleh kebanyakan blogger seperti topik lingkungan hidup, dan pendidikan juga masih jarang, mungkin salah satunya ada yang cocok untuk di jadikan topik blog anda.

Kemudian saran lainnya, lebih baik memilih topik yang anda kuasai untuk di ulas di blog supaya dalam mengembangkan artikel anda tidak kerepotan, namun ada juga yang meminjam kepintaran orang lain seperti blog anda tentang keuangan sedangkan anda tidak begitu menguasai tentang keuangan maka cari sumber untuk anda wawancarai, tapi sepertinya repot ya.

Setelah semua anda pahami, langkah selanjutnya platform apa yang akan anda gunakan apakan mau menggunakan wordpress atau mau pakai blogspot bebas, tinggal pilih, mana yang lebih di pahami oleh anda.

Nah, sudah ada keputusan mau menggunakan platform apa, maka langkah selanjutnya membeli hosting dan domain jika menggunakan wordpress tapi jika akan menggunakan blogspot anda cukup membeli domain saja, karena hostingnya gratis dari google.

Tips Membeli Domain

Dalam memilih domain lebih baik jangan di lakukan dengan sembarangan anda wajib memikirkannya sematang mungkin agar tidak menyesal, lalu memilih domain usahakan yang pendek dan mudah untuk di ingat, agar memudahkan pengunjung setia blog anda nantinya. Cari lah domain yang ekstensi .com atau .net dulu ketika tidak menemukan yang di inginkan baru mencari alternatifnya.

Yang terakhir, mulai belajar SEO sedikit-dikit supaya blog anda siap untuk bersaing di mesin pencarian google, soalnya kurang afdol rasanya jika seorang blogger tidak mempelajari teknik SEO.

Pesan

Menjadi seorang blogger itu harus mampu menikmati prosesnya, jangan mudah menyerah terus konsisten memberikan konten-konten terbaik. Dan yakin bawa dengan yang anda lakukan akan bisa merubah anda lebih sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel