Wisata Sejarah Mercusuar di Pesisir Anyer Banten

Suasana libur pasca Hari Raya Idul Fitri masih terasa, saya menyempatkan diri berwisata sejarah di pesisir Anyar atau Anyer, dan pilihan kami adalah mengunjungi Mercusuar yang letaknya di Cikoneng Anyar Kab. Serang.

Anyer sendiri memiliki obyek wisata yang banyak di pesisir pantai yang memiliki pesona tersendiri, karena keberadaan Anyer sendiri di pesisir pantai maka kala dulu dibangun lah mercusuar yang berdiri kokoh hingga sekarang.

Mercu suar atau menara suar yang diyakini sebagai titik nol atau menjadi sejarah titik awalnya pembangunan jalan Anyer hingga Panarukan yang dibangun tempo dulu oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels.

Pada pintu masuk mercusuar sendiri bertuliskan bahwa menara tersebut dibangun sejak tahun 1885, dikutip dari wikipedia bahwa menara ini dibangun pada tahun 1806 dan proyek jalan Anyer Panarukan baru berjalan tahun 1825.

Pembangunan mercusuar ini ada sangkut pautnya dimana sejarah dunia mencatat meletusnya gunung krakatau tahun 1883, dan menghancurkan mercusuar tersebut pada saat itu hanya menyisakan pondasi menara ini.

Dua tahun kemudian pada pemerintahan Z.M Willem III mercusuar ini dibangun kembali tahun 1885 seperti yang yang tertulis pada pintu masuk mercusuar Anyar.



Menurut keterangan bahwa pondasi asli mercusuar bukan lah sekarang yang berdiri, melainkan pada tugu nol kilometer dekat dengan pantai, dan menara yang baru jauh lebih ke daratan sekitar 500 meter.

Bagi yang penasaran bisa masuk ke dalam dan naik ke atas menara setinggi 75,5 meter dan dingding baja setebal 2,5-3cm tersebut, akan tetapi harus kuat menaiki anak tangga yang totalnya sekitar 286 terdiri dari 18 lantai.

Jika anda masih memiliki waktu libur dan memilih ke daerah anyar bisa mampir ke menara ini, selain bisa berwisata melihat pantai yang bagus dan juga bisa mengedukasi anak-anak jika bersama keluarga.
Reverensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Mercusuar_Anyer

Belum ada Komentar untuk "Wisata Sejarah Mercusuar di Pesisir Anyer Banten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel