Kasian, Kuda Sampe Pingsan saat Menarik Delman


Saya sendiri salah satu orang yang tidak tega naik delman, ketika melihat banyak delman di tempat wisata atau di tempat lain, alasannya merasa kasian melihat kuda yang menarik delman tersebut, dalam hati bergumam seandainya dia bicara mungkin yang pertama kali ia ucapkan adalah "saya cape ingin istirahat" tapi apa daya kuda di ciptakan tidak bisa bicara, apapun yang dirasakan ia hanya diam saja.

Kuda memang hewan di ciptakan bisa memberikan manfaat banyak untuk kehidupan manusia, tidak hanya tenaga saja yang diambil namun daging dan susunya yang paling sering ditemui adalah orang memanfaatkan tenaganya untuk meringankan pekerjaan manusia. Dilihat dari banyaknya manfaat yang dimiliki hewan yang memiliki tenaga kuat ini seharusnya tidak boleh memperlakukan semena-mena.

Kita sebenarnya sudah menyadari bahwa hewan memiliki batas kemampuan yang dimiliki seperti tenaga misalnya, mirip dengan manusia ketika dipaksa terus untuk bekerja tanpa ada istirahat yang cukup maka akan jatuh sakit karena kelelahan.

Ada kejadian yang sempat Viral dimedia sosial Facebook, salah satu pemilik akun bernama Setiabudi Laratsemi menceritakan pengalaman saat dia melihat kuda yang jatuh pingsan karena kelelahan, tepatnya di Stadion Pakansari, Bogor.

Delman yang berisi penuh penumpang yang jatuh terbalik akibat kuda yang menarik delam tersebut jatuh pingsan, orang-orang yang berada di lokasi mengira kalo kuda tersebut mati, namun beberapa menit beruntung ternyata kuda tersebut masih hidup dan bangun secara perlahan.

Ia juga menceritakan bahwa kuda tersebut kelelahan karena dalam beberapa hari ini penumpang selalu penuh hingga larut malam (kata kusir kuda tersebut), miris memang kuda sampai kelelahan dan jatuh pingsan, bayangkan mereka dipaksa kerja dari pukul 4 pagi.

Dengan unggahan tersebut menjadi viral dan mengundang berbagai komentar dan kecaman dari warganet, dalam komentarnya sebagian besar mengutuk perbuatan sang kusir yang berbuat semena-mena dengan kuda peliharaanya.


Artikel ini saya buat karena saya ikut prihatin dengan kejadian ini, tidak tega sebenarnya melihat kuda yang terlalu di forsir tenaganya padahal jika kuda diberikan waktu untuk istirahat saya yakin mafaat yang kita dapatkan lebih banyak lagi.

Belum ada Komentar untuk "Kasian, Kuda Sampe Pingsan saat Menarik Delman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel