Google Doodle Meriahkan Mudik Lebaran 2019

Hari yang ditunggu pun sebentar lagi tiba yaitu hari Raya Idul Fitri 1440 H, tradisi mudik telah tiba dimana orang yang merantau kembali ke kampung halamanya. Mudik di Indonesia adalah tradisi tahunan yang terjadi betepatan hari mendekati Lebaran.

Saat lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan sanak sodara yang telah lama tidak ketemu karena berbagai kesibukan dan juga perantauan yang memisahkan jarak, selain ketemu dengan sahabat kerabat dan waktu yang pas untuk sowan dengan orang tua.

Transportasi hampir semua jenis saat mudik itu digunakan seperti kereta api, kapal laut, bus, pesawat terbang, kendaraan pribadi seperti mobil dan motor bahkan ada yang menggunakan truk digunakan untuk mudik. 

Tradisi mudik ini tidak hanya terjadi di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk muslim, seperti Bangladesh juga memiliki tradisi yang sama yaitu mudik menjelang lebaran.

Sumber id.Wikipesia.org: Kata mudik berasal dari kata "udik" yang artinya selatan/hulu. Pada saat itu di Jakarta ada wilayah yang bernama Meruya Udik, Meruya Ilir, Sukabumi Udik, Sukabumi Ilir, dan sebagainya.

Mudik Lebaran 2019, dengan antusiasnya warga untuk merayakan lebaran di kampung halaman sehingga terkadang mengundang kemacetan, dalam hal ini memberlakukan sistem One Way arus mudik hingga arus balik dari 7-10 Juni mendatang, karena dianggap efektif pemerinta meneruskan sistem ini.

Dikutip dari detik.com, Hasil rapat Polri, Kementrian Perhubungan, Jasa Marga memutuskan sistem One Way untuk arus balik akan diberlakukan pada 7 Juni hingga 10 Juni 2019. Jam operasionalnya dimulai sejak pukul 12.00 WIB.

Hal ini disamapikan oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan di kantor pusat Jasa Marga, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (3/6/2019).

Reverensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mudik
https://news.detik.com/berita/d-4575602/sistem-one-way-arus-balik-mulai-7-10-juni-ini-jam-operasionalnya
https://www.google.com/doodles/mudik-2019

Belum ada Komentar untuk "Google Doodle Meriahkan Mudik Lebaran 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel