3 Tradisi Perayaan Idul Fitri di Negara Lain


Perayaan Idul Fitri atau Lebaran, merupakan hari kemenangan umat muslim di berbagai Negara termasuk Indonesia. 
Perayaan Idul Fitri yang menandai akhir bulan suci Ramadhan. Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh diakhiri dengan perayaan berbagai hidangan dan kemeriahan. Tentu perayaan seperti ini akan memiliki perbedaan atau tradisi, artikel kali ini saya coba mengulas 3 Tradisi Merayakan Idul Fitri di Negara lain.

1. Tradisi Seker Bayram, Turki

Di Negara Turki menyebut Idul Fitri dengan Ramadan Bayram atau Seker Bayram yang memiliki arti Perayaan Manisan. 
Turki juga memiliki kesamaan dengan negara lainnya ketika Lebaran tiba, orang-orang Turki berkunjung kerumah kerabat dan sahabat beserta berkumpul dengan keluarga, ada perbedaan tersendiri yaitu jika anak-anak di Indonesia mendapatkan persenan atau amplop berisi uang dari sodara dan tetangga kitika berkunjung. Sedangkan di Turki biasanya akan mendapatkan permen atau makanan khas seperti Baklava.

2. Tradisi Chaand Raat, India

Chaand Raat adalah tradisi perayaan Idul Fitri di India yang jatuh pada saat malam terakhir bulan Ramadhan, pada saat malam Chaand Raat orang-orang akan keluar pergi berbelanja di acara bazar. Perempuan di India akan mengenakan pakaian tradisional dan menghiasi tangan mereka dengan Henna. 

Umat Muslim India merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga sambil menikmati Servai yaitu makanan seperti bihun yang di sajikan setiap momen istimewa seperti Lebaran, tidak hanya Servai ada juga Sheer Kurma sebagai dessert sebagai makanan penutup.

3. Tradisi Bajram, Kosovo

Hari Raya Idul Fitri yang dikenal dengan nama Bajram oleh penduduk Kosovo, pada hari Bajram penduduk muslim bangun lebih pagi dari biasanya, makanan yang dihidangkan disana bernama Pite (sejenis roti canai), sepulang dari salat ied, orang akan keluar rumah dan keliling untuk saling memberikan selamat hari raya, setelah itu orang-orang Kosovo melanjutkan dengan sarapan dan jamuan teh, kemudian mereka akan pergi mengunjungi sanak sodara untuk merayakan Barjam bersama.

Itulah berbagai tradisi di 3 Negara, untuk merayakan Idul Fitri sebagai momen penting bagi umat Islam seluruh dunia.



Belum ada Komentar untuk "3 Tradisi Perayaan Idul Fitri di Negara Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel